Selasa 13 Juli 2021, 19:05 WIB

Sukses di Dunia Fashion, RS31 Rambah Sektor Otomotif

Budi Ernanto | Ekonomi
Sukses di Dunia Fashion, RS31 Rambah Sektor Otomotif

DOK IST
Salah satu produk RS31.

 

DEMI bertahan dari serangan pandemi covid-19, merek busana RS31 meluncurkan produk-produk dari sektor otomotif.

RS31 merupakan usaha kecil menengah (UKM) dari Kedungkandang, Malang, Jawa Timur, dan didirikan oleh Yusuf Rizki Arham dan menjual pakaian anak muda dengan ukuran kecil hingga super big size. Produk yang dijual cukup beragam, mulai dari kaus, celana, kemeja, hingga jaket.

Yusuf berupaya melakukan inovasi agar bisnisnya bisa bertahan. Akhirnya, sembari tetap menjalani bisnis fashion, RS31 mengembangkan produk kebutuhan untuk dunia otomotif mulai November 2020 lalu.

“Produk otomotif ini kami ciptakan sendiri. Ada cairan pembersih kerak, semir ban, black magic, pembersih jamur kaca dan kendaraan, dan penghilang baret,” kata Yusuf dalam keterangan remsinya, Selasa (13/7).

Yusuf mengungkapkan, alasannya untuk berkecimpung di bidang kebutuhan otomotif ini dilandasi atas target pasarnya yang punya kesesuaian. Menurut dia, ada kemiripan konsumen antara produk RS31 dengan otomotif.

“Kami melihat ada kesamaan audiens antara clothing dan otomotif, yaitu sama-sama untuk target laki usia 18 hingga 30 tahun. Itu yang kami coba kombinasikan,” kata Yusuf dengan antusias.

Atas ide uniknya ini, RS31 mengalami percepatan pertumbuhan yang sangat baik di masa pandemi. Jika sebelumnya omzet yang didapatkan dari produk fashion stagnan, produk otomotif keluaran RS31 dapat meningkatkan profit dua hingga lima kali lipat.

Baca juga: Buat Gebrakan, Ferrari Rambah Bisnis Busana Trendi Siap Pakai

Yusuf menerangkan awalnya RS31 merupakan online shop yang menjual berbagai produk fashion musiman seperti celana jogger, chino, dan jeans di Instagram melalui akun @rs31shophouse. Hadir juga di Shopee dengan nama toko RS31shophouse. Produk-produk itu diambil dari pusat grosir yang berada di Surabaya dan Malang.

Namun, di tengah perjalanannya, ada cukup banyak komplain terkait kualitas produk yang dijual. Mulai dari ukuran produk yang tidak sesuai, hingga kualitas material dan jahitan. "Berbekal dari experience itu, kami memutuskan untuk membuat produk sendiri," ujarnya.

Fokus dan unique selling point produk milik RS31 ada pada ukuran super big size yang menggunakan ukuran standar internasional. Di samping itu, juga punya pola cutting terbaik Indonesia.

Selain itu, RS31 juga menyediakan layanan kostum ukuran satuan untuk produk yang dijualnya melalui situs resmi rs31shophouse.com. Konsumen yang memiliki spesifikasi ukuran tertentu bisa memesan pakaian yang sesuai dengan porsi tubuhnya.

“Jadi, kalau pelanggam mau beli celana tidak akan ada kasus pahanya kurang besar, betisnya kurang besar, celananya kepanjangan, dan lain-lain,” katanya.

Ia mengungkapkan hasil dan inovasi dari produk buatan sendiri tercatat sangat baik. Antusiasme pelanggan meningkat, hal ini dibuktikan dengan ulasan-ulasan positif yang terdapat di Shopee dengan 7.000 ulasan lebih. (R-3)

Baca Juga

DOK

Petani dan Pedagang Jagung Pertanyakan Peranan Kemendag

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 23 September 2021, 09:34 WIB
Ada 2 Kecamatan yang sejak dulu selalu memasuki masa panen pada akhir Oktober. Dua Kecamatan itu adalah Kecamatan Gerung dan Kecamatan...
DOK KEMENTAN

Strategi Kementan dalam Stabilisasi Harga Telur Ayam Ras

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 23 September 2021, 09:24 WIB
Pemerintah juga mendorong Aparat Sipil Negara (ASN) di pemerintah pusat dan pemerintah daerah setempat secara serentak agar membeli telur...
Antara/Teguh Prihatna

2.709 Buruh Migran Masuk Lewat Batam Dalam Sebulan Terakhir

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 23 September 2021, 08:55 WIB
Ribuan buruh migran itu diwajibkan menjalankan karantina selama 8 hari usai tiba di Pelabuhan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Sarjana di Tengah Era Disrupsi

Toga kesarjanaan sebagai simbol bahwa seseorang memiliki gelar akademik yang tinggi akan menjadi sia-sia jika tidak bermanfaat bagi diri dan orang banyak di era yang cepat berubah ini.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya