Kamis 01 Juli 2021, 20:26 WIB

Nissan Bangun Pabrik Raksasa Penghasil Baterai Mobil Listrik di Inggris

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Nissan Bangun Pabrik Raksasa Penghasil Baterai Mobil Listrik di Inggris

AFP/Jeff J Mitchell.
PM Inggris Boris Johnson melambai saat mengunjungi pabrik raksasa mobil Jepang Nissan di Sunderland, Kamis (1/7).

 

NISSAN meluncurkan rencana membangun pabrik raksasa penghasil baterai besar di Inggris timur laut. Pabrikan otomotif asal Jepang itu memproduksi kendaraan listrik baru sebagai upaya perusahaan dan pemerintah meninggalkan mobil berbahan bakar fosil.

Perdana Menteri Boris Johnson memuji investasi pasca-Brexit sebesar £1,0 miliar (US$1,4 miliar atau 1,2 miliar euro) dalam pembangunan pabrik Nissan yang terbesar di Eropa. Ini akan menciptakan 6.200 pekerjaan sebagai mosi kepercayaan utama di Inggris.

Pemasok baterai Tiongkok milik Nissan, Envision AESC, akan menginvestasikan £450 juta untuk membangun pabrik baterai itu yang akan menggunakan energi terbarukan dan memberi daya hingga 100.000 kendaraan listrik Nissan per tahun.

Fasilitas, yang akan dibangun di sebelah pabrik Nissan di Sunderland, dipuji sebagai kunci transisi Inggris dari kendaraan bahan bakar fosil berpolusi tinggi.

Berita itu muncul hanya beberapa hari setelah mitra Nissan, Renault  dari Prancis, meluncurkan rencana untuk membangun pabrik baterai milik Envision di Prancis. Ini seiring pembuat mobil global berlomba memenuhi permintaan transportasi yang lebih hijau dan pemerintah menargetkan emisi nol karbon bersih pada 2050.

Raksasa mobil Jepang itu akan menghabiskan hingga £423 juta untuk proyek kendaraan listrik EV36Zero di Inggris. Dewan Kota Sunderland akan membantu investasi hingga £1,0 miliar.

"Ini merupakan hari bersejarah bagi Nissan, mitra kami Inggris, dan industri otomotif secara keseluruhan," kata Chief Operating Officer Nissan Ashwani Gupta. Nissan sebelumnya memperingatkan bahwa Brexit tanpa kesepakatan akan mengancam pabrik Sunderland yang berusia 35 tahun.

 

Ia mengatakan investasi baru tersebut mewakili 6.200 pekerjaan di grup Jepang dan pemasoknya di Inggris.
Akan ada 900 pekerjaan baru di Nissan dan 750 pekerjaan baru di Envision AESC. (AFP/OL-14)

Baca Juga

Ist

Digitalisasi Dorong Kopi Indonesia Mendunia

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Kamis 27 Januari 2022, 23:49 WIB
Sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu yang berpeluang meraih manfaat besar dari pesatnya perkembangan...
Dok. United

Perluas Akses Mendapatkan Sepeda Berkualitas, SBI akan Buka 2 Pusat Distribusi Tahun Ini 

👤Ghanni Nurcahyadi 🕔Kamis 27 Januari 2022, 22:52 WIB
Direktur Utama SBI Andrew Mulyadi mengungkapkan, pusat distribusi itu nantinya akan makin memudahkan konsumen untuk mengakses sepeda...
MI/Susanto

Strategi Penanganan Pandemi Berbuah Manis pada Perekonomian 

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Kamis 27 Januari 2022, 22:20 WIB
“Strategi penanganan covid-19 menghasilkan hasil yang baik, sehingga pemulihan ekonomi dapat berjalan sesuai dengan apa yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya