Rabu 30 Juni 2021, 17:55 WIB

ERA Graharealty IPO untuk Ekspansi dan Perkuat Brand

Fetry Wuryasti | Ekonomi
ERA Graharealty IPO untuk Ekspansi dan Perkuat Brand

Dok ERA
Direksi PT ERA Graharealty berfoto seusai pencatatan saham perdana di BEI.

 

PT ERA Graharealty resmi mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan menjadi perusahaan tercatat ke-22 di BEI pada 2021. ERA juga menjadi perusahaan yang bergerak dalam bidang waralaba dan jasa agen realestat pertama yang terdaftar di BEI.

Diperdagangkan dengan kode saham IPAC, perseroan melepas 189.973.700 saham biasa atas nama atau sebanyak 20% dari jumlah modal ditempatkan dan disetor penuh perseroan setelah penawaran umum perdana saham dengan nilai nominal Rp10 setiap saham.

Pelepasan saham ini terdiri dari sebanyak 47.368.500 saham biasa atas nama yang merupakan Saham Baru dan dikeluarkan dari portepel perseroan. Lalu sebanyak 142.605.200 saham biasa atas nama milik PT Realti Indo Mandiri sebagai pemegang saham penjual (saham divestasi)

Saham baru dan saham divestasi secara bersama-sama ditawarkan kepada masyarakat dengan harga penawaran sebesar Rp120 per saham. Sehingga jumlah seluruh nilai Penawaran Umum Perdana Saham ini adalah sebesar Rp22.796.844.000.

Direktur Utama PT ERA Graharealty Darmadi Darmawangsa mengatakan penggunaan dana yang diperoleh, setelah dikurangi biaya emisi, akan digunakan seluruhnya untuk modal kerja terkait kegiatan operasional. Di antaranya untuk menggalakkan marketing dan program rekrutmen member broker dan agen baru, serta memperkuat existing brand ERA saat ini.

"Sehingga brand ERA semakin kuat dibandingkan dengan kompetitor, merekrut software engineer untuk mengelola IT System menjadi lebih efisien, menyediakan training berstandar internasional dan mengembangkan kerja sama dengan developer untuk memasarkan proyek-proyek properti," kata Darmadi, Rabu (30/6).

Sedangkan hasil penjualan saham divestasi setelah dikurangi biaya emisi, akan dibayarkan kepada pemegang saham penjual.

Perseroan berdiri sejak 1991 dan telah bergelut di bidang waralaba dan jasa agen realestat lebih dari 29 tahun. Dengan menyandang status perusahaan terbuka akan menjadikan perseroan untuk terus menerapkan prinsip good corporate governance dalam setiap langkah yang diambil.

"Diharapkan perseroan dapat memanfaatkan kesempatan untuk berkembang dan tumbuh menjadi lebih besar. Meskipun perekonomian nasional belum pulih total akibat pandemi, kami tetap optimistis bisnis waralaba dan jasa agen realestat akan memberikan kontribusi positif bagi pemegang saham dan para pemangku kepentingan," kata Darmadi.

Pada 2020 lalu, ERA Indonesia memulai awal yang sangat baik di Januari dan Februari. Namun memasuki Maret, ERA Indonesia terkena dampak menurunnya penjualan properti di awal pandemi selama 2-3 bulan pertama.

Setelah semakin terbiasa untuk beradaptasi dengan new normal, penjualan properti terlihat bangkit pada Juni hingga akhir 2020. Secara umum apabila ditarik perbandingan dari 2019 terhadap 2020, penjualan properti mengalami kenaikan. Demikian pula omzet Januari-Mei 2021 dibandingkan tahun 2020, mengalami kenaikan hingga 120%.

"Sedangkan untuk target omzet penjualan tahun 2021 direncanakan naik sebesar 25%," kata Darmadi.

Direktur Perseroan Aan Andriani melihat perbandingan pasar primer dengan sekunder pada tahun 2021 di kuartal pertama dan kedua ini, masyarakat masih cenderung lebih memakan pasar sekunder sebesar 80% dan 20% untuk pasar primer.

"ERA Indonesia pada tahun ini menargetkan untuk membuka kantor-kantor ERA di kota-kota besar di Indonesia seperti Batam, Palembang, Balikpapan dan beberapa kota besar lainnya," kata Aan. (X-12)

Baca Juga

dok.ist

Wege Bangun PIDI 4.0, Jendela Digitalisasi Indonesia

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Desember 2021, 08:31 WIB
KEMENTERIAN Perindustrian (Kemenperin) meluncurkan  Pusat Industri Digital Indonesia 4.0 (PIDI...
Antara/Dhemas Reviyanto

Menteri BUMN : Mitratel Terus Lakukan Perbaikan

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Desember 2021, 07:46 WIB
Mitratel melakukan IPO tidak saja ingin memperkuat keuangan, tapi juga...
dok.ant

Wall Street Bangkit Dari Kerugian akibat Omicron

👤Muhamad Fauzi 🕔Jumat 03 Desember 2021, 07:15 WIB
SEBUAH reli luas mengirim Wall Street ke penutupan yang lebih tinggi pada akhir perdagangan Kamis atau Jumat pagi WIB (3/12). Memulihkan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya