Kamis 24 Juni 2021, 14:19 WIB

Penumpang Dilarang Masuk, Garuda Tetap Layani Kargo ke Hong Kong

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Penumpang Dilarang Masuk, Garuda Tetap Layani Kargo ke Hong Kong

FAJRIN RAHARJO / AFP
Pesawat Airbus A330-941 milik Garuda Indonesia bersiap mendarat di Bandara Jakarta International Soekarno-Hatta, Tangerang.

 

HONG Kong secara resmi melarang penumpang asal Indonesia masuk ke wilayah mereka. Namun, maskapai Garuda Nasional tetap melayani angkutan kargo negara tersebut.

Pelarangan masuknya penumpang itu mulai besok, Jumat (25/6) yang menetapkan status Indonesia menjadi negara kategori A1 (extremely high risk/berisiko sangat tinggi) penularan Covid-19.

"Selama larangan sementara pengangkutan penumpang, Garuda masih diperkenankan melayani angkutan kargo maupun penerbangan outbond dari Hong Kong menuju Indonesia," kata Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra dalam keterangan kepada wartawan, Kamis (24/6).

Sebagai national flag carrier, Garuda Indonesia mengaku menerima keputusan pemerintah Hong Kong dan berkomitmen menerapkan protokol kesehatan secara menyeluruh pada lini operasional dan tempat layanan maskapai.

"Garuda Indonesia menghormati dan menyikapi dengan positif segala kebijakan yang ditetapkan otoritas penerbangan di destinasi tujuan dalam upaya percepatan penanggulangan Covid-19," jelas Irfan.

Irfan juga angkat bicara soal penumpang Garuda yang dilaporkan positif Covid-19 saat tiba di Bandara Hong Kong pada (20/6) dengan penerbangan GA 876 rute Jakarta - Hong Kong.

Garuda mengklaim penumpang pada penerbangan dimaksud telah memenuhi persyaratan dokumen perjalanan antar negara termasuk dapat menunjukkan hasil tes polymerase chain reaction (PCR) dengan hasil negatif, yang sampelnya diambil pada kurun waktu 3 x 24 jam sebelum keberangkatan.

Maskapai nasional itu pun akan melakukan penyesuaian kebijakan operasional penerbangan untuk layanan pengangkutan penumpang, yang mana melayani penerbangan penumpang rute Jakarta - Hongkong sebanyak satu kali per minggunya. (Ins/OL-09)

Baca Juga

AFP/Kenzo Triblouillard

Jakpro Pastikan Pembangunan Sirkuit Formula E Selesai Tepat Waktu

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 27 Januari 2022, 15:36 WIB
Widi Amanasto memastikan pembangunan sirkuit balap mobil Formula E bakal selesai tepat...
ANTARA FOTO/Anis Efizudin

Mentan Targetkan Tanam 10 Juta Pohon Kopi di Tahun 2022

👤Despian Nurhidayat 🕔Kamis 27 Januari 2022, 14:57 WIB
Komoditas kopi memiliki potensi yang sangat besar dalam meningkatkan perekonomian nasional karena peminat kopi Indonesia tersebar di...
MI/Susanto

Antisipasi Normalisasi, BI Siap Berdansa dengan Pasar Keuangan Global

👤Fetry Wuryasti 🕔Kamis 27 Januari 2022, 14:43 WIB
Bank Indonesia telah memperkirakan kenaikan suku bunga acuan Bank Sentral AS atau Fed Fund Rate akan naik sepanjang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya