Kamis 24 Juni 2021, 13:17 WIB

Pemerintah Bangun Kawasan Wisata Borobudur Highland Rp350 Triliun

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Pemerintah Bangun Kawasan Wisata Borobudur Highland Rp350 Triliun

Antara/Hendra Nurdiyansyah.
Wisatawan menikmati suasana matahari terbit di Punthuk Mongkrong, perbukitan Menoreh, Giri Tengah, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

 

PEMERINTAH akan membangun kawasan pariwisata Borobudur Highland yang terletak di perbukitan Menoreh. Kawasan ini merupakan perbatasan antara Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta, dengan Kabupaten Purworejo dan Kabupaten Magelang di Jawa Tengah.

Kawasan tersebut memiliki luas wilayah kurang lebih 309 hektare. Dari luas itu, sekitar 50 hektare akan bersertifikat HPL (hak pengelolaan). Untuk nilai investasi resor diproyeksikan sebesar Rp1,5 triliun, sedangkan nilai infrastruktur dasar diperkirakan Rp350 triliun.

"Percepatan pembangunan Borobudur Highland meliputi rencana pembangunan jalan untuk memudahkan akses ke sana. Pembangunan jalan dilakukan oleh Kementerian PU-Pera pada Agustus dan ditargetkan selesai akhir tahun 2021," ungkap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam rilis resmi, Kamis (24/6).

Disebutkan, luas lahan 259 hektare di kawasan Borobudur Highland akan dikelola dalam bentuk kerja sama antara Badan Otorita Borobudur (BOB) dengan Perhutani melalui prinsip single destination, single manajemen. Borobudur Highland pun mengusung konsep cultural adventure eco-tourism atau ekowisata petualangan budaya yang dapat memberikan ruang bagi wisatawan untuk bersantai, menghirup udara segar di alam, melepas penat dari hiruk-pikuk aktivitas perkotaan, serta membangkitkan perekonomian daerah setempat.

"Kami harapkan ini dapat menggeliatkan ekonomi, membangkitkan harapan dan semangat masyarakat untuk pulih di tengah pandemi dan tantangan ekonomi," kata Menparekraf. Ia pun mengusulkan untuk menghadirkan event-event yang berbasis eco-tourism dan sport tourism atau olahraga wisata dengan bingkai protokol kesehatan yang ketat.

Direktur Utama BOB Indah Juanita menjelaskan, atraksi wisata yang dihadirkan nanti meliputi amphiteater, mountain biking atau mendaki gunung), tree top cycling, spa, forest tracking atau menjelajahi hutan, dan berbagai atraksi menarik lain. Indah memproyeksikan Borobudur Highland akan menyerap kurang lebih 1.800 tenaga kerja.

 

Selain itu, BOB juga telah menggandeng Bobobox untuk menghadirkan penginapan di alam terbuka dengan menggunakan teknologi yang maju. "Targetnya, akhir tahun ini sudah dirampungkan," ucap Indah. Sudah ada beberapa investor yang menyatakan minat serius membangun fasilitas resor di Borobudur Highland. (OL-14)

Baca Juga

Ilustrasi

Ekonomi Triwulan III Diprediksi Tumbuh 5%

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Kamis 23 September 2021, 13:16 WIB
Perkiraan tersebut dilandasi pada tren pemulihan ekonomi yang terus berlanjut kendati sempat tersendat pada Juli hingga awal Agustus...
MI/Agung Sastro

Perbaikan Butuh Waktu Sebulan Telkom Minta Pelanggan Indihome Sabar

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 23 September 2021, 12:35 WIB
VICE President Corporate Communication Telkom Pujo Pramono memperkirakan, proses perbaikan kabel laut yang terganggu akan berlangsung...
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

Menteri KKP Janjikan Perbaikan Pelabuhan Perikanan di 2022

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 23 September 2021, 12:10 WIB
Sejumlah indikasi pelabuhan perikanan belum memenuhi standar ialah adanya bau yang ditimbulkan dari aktivitas perikanan di sana dan belum...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Sarjana di Tengah Era Disrupsi

Toga kesarjanaan sebagai simbol bahwa seseorang memiliki gelar akademik yang tinggi akan menjadi sia-sia jika tidak bermanfaat bagi diri dan orang banyak di era yang cepat berubah ini.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya