Kamis 24 Juni 2021, 12:22 WIB

Pengembangan Pelabuhan Anggrek di Gorontalo Dimulai Tahun Ini

RO/Micom | Ekonomi
Pengembangan Pelabuhan Anggrek di Gorontalo Dimulai Tahun Ini

Antara
Pelabuhan Anggrek Gorontalo

 

KEMENTRIAN Perhubungan tahun ini akan memulai pengembangan Pelabuhan Anggrek, Gorontalo Utara. Pengembangan pelabuhan melalui pendanaan kreatif non APBN dengan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, Pelabuhan Anggrek, yang terletak di utara Sulawesi,  memiliki konektivitas dengan negara seperti Jepang, Korea, China, dan Hongkong. Untuk itu mengajak para investor swasta untuk berkolaborasi mengembangkan tidak hanya pelabuhan saja, tetapi juga untuk kepentingan kawasan sekitar (hinterland).

"Saya mendukung konsorsium pemenang lelang proyek pengembangan Pelabuhan Anggrek ini untuk mengembangkan pelabuhan, agar keberadaan pelabuhan ini bermanfaat untuk melancarkan pergerakan logistik dan mendorong pertumbuhan ekonomi di Gorontalo dan Kawasan sekitarnya," ujar Menhub saat meninjau kondisi pelabuhan bersama Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel dan Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin,  Rabu (23/6).

Menhub juga meminta agar konsorsium dapat bersinergi secara nasional dan internasional terutama dengan Pemerintah Daerah misalnya untuk perluasan. Menhub bilang, pekerjaan kepelabuhan tidak bisa dikerjakan sendiri.

"Kami mendukung upaya pengembangan Kabupaten Gorontalo Utara yang termasuk daerah terpencil, terluar, tertinggal, dan perbatasan (3TP) ini untuk mengentaskan kemiskinan," ujar Menhub.

Selain itu, keberadaan Pelabuhan Anggrek diharapkan dapat saling mendukung dengan Pelabuhan Gorontalo sehingga dapat menciptakan efisiensi dan tidak menimbulkan masalah seperti kemacetan.

"Melalui pengembangan Pelabuhan Anggrek ini, diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan menambah lapangan pekerjaan bagi masyarakat di Kabupaten Gorontalo Utara dan sekitarnya," ujar Menhub. (J-1)

Baca Juga

dok kemenhub

Airlangga Serahkan Bantuan untuk Pengemudi Transportasi Umum di Bogor

👤Dede Susianti 🕔Minggu 25 Juli 2021, 18:16 WIB
 Pengemudi ojol adalah pahlawan kita. Mereka yang membawa kebutuhan masyarakat dari warung, dari restoran ke rumah-rumah masyarakat...
Ist

Menhub Bagikan Sembako untuk Pengemudi Transportasi Umum di Bogor

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 Juli 2021, 17:29 WIB
Kemenhub memberikan bantuan sembako sebanyak 500 paket  kepada pengemudi ojek online lintas aplikator, pengemudi angkot dan bus...
DOK KEMENTAN

Para Petani Sumringah Disapa Mentan SYL Saat Istirahat di Pinggir Sawah

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 Juli 2021, 10:42 WIB
Sejumlah petani mengaku tidak menyangka akan dihampiri Menteri Pertanian, saat...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pegasus Spyware, Senjata Pembungkam Wartawan

 Konsorsium media internasional bersama Amnesty International melaporkan lebih dari 50 ribu nomor telepon menjadi target spyware Pegasus.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya