Kamis 17 Juni 2021, 20:44 WIB

Solusi BI-FAST Sediakan Infrastruktur Pembayaran Lebih Cepat

Retno Hemawati | Ekonomi
Solusi BI-FAST Sediakan Infrastruktur Pembayaran Lebih Cepat

Dok PT Murni Solusindo Nusantara
Ilustrasi

 

PT Murni Solusindo Nusantara (PT Murni), perusahaan berbasis teknologi informasi & komunikasi (ICT) dan bersertifikasi ISO 9001:2015 yang telah dipercaya oleh Bank Indonesia sejak tahun 1990 hingga saat ini sebagai penyedia berbagai sistem pembayaran nasional termasuk SKNBI (Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia), siap dengan solusi untuk mendukung Bank dan lembaga keuangan non-Bank dalam implementasi BI-FAST.

BI-FAST merupakan bagian dari penerapan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025 untuk menyediakan infrastruktur sistem pembayaran ritel yang lebih cepat, mudah, ekonomis, serta dapat dilakukan secara real-time dan 24/7. Dengan adanya BI-FAST, nasabah juga dapat melakukan online transfer hanya dengan informasi nomor handphone atau alamat e-mail penerima, selain informasi nomor rekening seperti sistem yang berlaku saat ini.

Dengan demikian, BI-FAST diharapkan dapat menjangkau dan digunakan oleh masyarakat seluas-luasnya melalui pemerataan kualitas layanan online transfer sehingga memberi manfaat yang sangat besar bagi pemerintah, masyarakat, Bank, perusahaan fintech, perusahaan penyedia pembayaran digital, dan ekosistem ekonomi keuangan digital di Indonesia.

Mengingat BI-FAST akan diimplementasikan di 2021, Bank sebagai peserta utama wajib mempersiapkan solusi dan infrastruktur pendukung yang dibutuhkan secepatnya dikarenakan uji coba akan dijalankan di Oktober 2021. Sebagai penyedia SKNBI yang merupakan critical national payment system with very high availability yang berdampak sistemik, PT Murni memperkenalkan SMARTGATEWAY™ untuk mendukung kesiapan dan kelancaran implementasi BI-FAST bagi setiap peserta, baik Bank mau pun lembaga keuangan non-Bank lainnya.

Christian Liadinata, CEO PT Murni dalam keterangan pers yang diterima Kamis (17/6), menjelaskan nantinya SMARTGATEWAY™ akan berperan sebagai aplikasi penghubung antara sistem Bank Indonesia dengan sistem yang dimiliki masing-masing peserta. Dikembangkan sebagai solusi yang fleksibel dan adaptif, penggunaan SMARTGATEWAY™ memastikan implementasi BI-FAST yang lebih cepat, mudah, dan cost-effective dengan tidak diperlukannya modifikasi atau modifikasi yang seminimal mungkin dari sisi peserta.

Selain itu, solusi SMARTGATEWAY™ dapat diintegrasikan dengan mudah ke sistem internal peserta sehingga akan lebih mempersingkat waktu dan proses yang dibutuhkan untuk implementasi BI-FAST.

Sebagai solution provider yang telah berpengalaman selama lebih dari 29 tahun di dunia perbankan Indonesia, PT Murni menyiapkan SMARTGATEWAY™ sebagai solusi yang holistik, aman, dan dapat memberi nilai tambah bagi Bank sehingga solusi ini tidak hanya memfasilitasi BI-FAST, tetapi juga sistem pembayaran digital lain.

BI-FAST merupakan sistem pembayaran nasional yang critical sehingga pemilihan solution provider (Vendor) yang telah berpengalaman di bidang sistem pembayaran menjadi kunci keberhasilan implementasi bagi peserta. (OL-12)

Baca Juga

Antara

Erick : Restrukturisasi Bisnis Bikin BUMN Buntung Jadi Untung

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 23:41 WIB
Dia menyebut telah memangkas jumlah perusahaan BUMN dari sebelumnya 142 perusahaan menjadi hanya...
AFP/Andy Buchanan.

Saudi Luncurkan Daerah Wisata Lepas Pantai Pertama di Dunia

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 23:15 WIB
Rig ialah proyek di sektor pariwisata dan hiburan, salah satu sektor strategis utama PIF, dan diharapkan dapat memberikan nilai tambah yang...
Dok Kementeriqn Luar Negeri

Forum Bisnis RI-Amerika Latin Raup Transaksi Rp1,23 Triliun

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 23:03 WIB
Terdiri dari transaksi dagang yang telah disepakati sebesar US$19,08 juta atau Rp268 miliar dan komitmen dagang US$68,88...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Risma Marah dan Gaya Kepemimpinan Lokal

ika melihat cara Risma marah di Gorontalo, hal itu tidak terlalu pas dengan norma, etika, dan kebiasaan di masyarakat.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya