Rabu 16 Juni 2021, 11:13 WIB

Produksi Kopi Robusta Kabupaten Bogor Lampaui Target

Muhamad Fauzi | Ekonomi
Produksi Kopi Robusta Kabupaten Bogor Lampaui Target

Antara
Petani tengah memanen kopi jenis robusta.

 

REALISASI produksi kopi robusta Kabupaten  Bogor, Jawa Barat  mencapai  4.004 ton dalam setahun. Capaian ini melebihi target yang ditetapkan sebanyak 3.000an ton per tahun hingga 2023.

"Kabupaten Bogor sangat kaya akan kekayaan alamnya, tanah-tanah yang subur dapat diolah untuk pertanian dan perkebunan. Sistem dan teknologi bidang pertanian yang kita edukasikan terus juga membuahkan hasil," ujar Bupati Bogor, Ade Yasin di Cibinong, Bogor, Rabu (16/9)

Padahal, menurutnya target produksi kopi robusta di Kabupaten Bogor sudah diproyeksikan hingga tahun 2023 yaitu sebanyak 3.726 ton setahun.

Tak hanya kopi robusta, petani di Kabupaten Bogor juga menghasilkan jenis kopi lainnya, yakni arabika sebanyak 473 tonn.

Ade Yasin menyebutkan, jenis kopi robusta dan arabika perkebunannya tersebar di lima kecamatan, yakni Sukamakmur, Megamendung, Pamijahan, Babakanmadang, dan Tanjungsari. Sedangkan khusus jenis pala di Kecamatan Tamansari, Sukajaya, Cigombong, Caringin, Leuwisadeng, dan Nanggung.

"Kita urutan keempat dari penghasil kopi robusta di Indonesia, kalau di Jawa Barat kita produsen terbesar kesatu," katanya..

Namun ia masih menemukan sejumlah catatan dari sektor pertanian kopi, seperti belum optimalnya ketersediaan bibit kopi robusta dan pala untuk perluasa tanam. Kemudian belum optimalnya penerapan teknologi budidaya pada tanaman kopi. (Ant/OL-13)

Baca Juga: Pemkot Bogor Kembali Tunda Pelaksanaan PTM

 

Baca Juga

Dok/SETWAPRES

Wapres: Potensi Besar Ekonomi Syariah Masih Bisa Dicapai Indonesia

👤Fetry Wuryasti 🕔Rabu 22 September 2021, 12:54 WIB
Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin mengatakan, mengatakan pada semester I-2021, sektor industri produk halal terus memberikan nilai tambah...
Ist/Kementan

Kabupaten Grobogan Siap Suplai Kebutuhan Jagung Bagi Peternak

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 22 September 2021, 10:55 WIB
Pada bulan September dan Oktober 2021 ini produksi jagung di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, mencapai 170 ribu...
ANTARA FOTO/Kornelis Kaha

Raih Penghargaan Skytrax, Citilink Diminta Menhub Konsisten Jaga Prokes

👤 Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 22 September 2021, 09:45 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi meminta maskapai Citilink terus menjaga penerapan protokol kesehatan (prokes) yang ketat selama beroperasi di...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Miliarder Baru dari Pundong

MASYARAKAT dihebohkan dengan video viral warga Dukuh Pundong III, Kelurahan Tirtoadi, Mlati, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, membeli tiga mobil dengan uang tunai.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya