Selasa 15 Juni 2021, 23:29 WIB

PHRI Setuju Hentikan Isolasi Mandiri di Hotel, Ini Alasannya

Mediaindonesia.com | Ekonomi
PHRI Setuju Hentikan Isolasi Mandiri di Hotel, Ini Alasannya

Ilustrasi
Ilustrasi

 

Sekretaris Jenderal Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Maulana Yusran menyetujui apabila program isolasi mandiri (isoman) di hotel melalui pembiayaan pemerintah dihentikan ketimbang pembayaran kepada hotel atas jasa tersebut terus ditunda sehingga berdampak pada operasional usaha.

"Respons kami lebih kepada menanyakan tagihan yang belum terbayar. Tapi kalau belum ada kepastian tentang pembayaran, memang itu langkah yang paling bagus," kata Maulana saat dihubungi di Jakarta, Selasa (15/6).

Menurutnya, masalah pembayaran menjadi hal yang sangat sensitif di saat industri hotel dalam situasi yang kurang baik semenjak adanya pandemi COVID-19. Program fasilitas isolasi mandiri di hotel untuk pasien tanpa gejala, penginapan tenaga kesehatan, karantina repatriasi yang dilakukan oleh pemerintah dinilai sebagai program yang membantu bisnis hotel untuk mendapatkan demand.

Namun jika masih ada kendala dalam hal pembiayaan, kata Maulana, masalah sekecil apapun terkait pendapatan yang menjadi kebutuhan utama akan sangat berdampak pada biaya operasional hotel. "Karena kan ada operasional cost, terkait membayar gaji karyawan, dan kebutuhan lain yang sifatnya tetap," kata Maulana.

Terlebih lagi hotel-hotel yang menyediakan layanan isolasi mandiri dari pemerintah harus menyediakan kebutuhan khusus yang memerlukan biaya tambahan. Selain itu, hotel tersebut juga tidak bisa menerima tamu lain karena sudah dijadikan tempat isolasi mandiri pasien COVID-19 tanpa gejala.

Kendati demikian, Maulana mengatakan program isolasi mandiri di hotel yang disediakan pemerintah ini sangat membantu dalam menjaga pendapatan di saat jumlah okupansi yang sepi di kala pandemi. Namun, hal tersebut tentunya hanya bisa dirasakan oleh hotel yang mendapatkan proyek tersebut saja.

Maulana mengemukakan dari sekitar 40 hotel yang diajukan kepada pemerintah sebagai fasilitas isolasi mandiri pasien COVID-19 tanpa gejala, hanya 20 hotel yang diverifikasi oleh pemerintah. Dari 20 hotel tersebut, hanya enam hotel yang digunakan sebagai fasilitas isolasi mandiri. (Ant/OL-12)

Baca Juga

Antara

Ada Sinyal BI Kurangi Suntikan Likuiditas pada Tahun Depan

👤Fetry Wuryasti 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 18:15 WIB
Langkah itu merupakan antisipasi kebijakan The Fed dan bank sentral beberapa negara di tengah kenaikan inflasi, yang belum seimbang dengan...
DOK KEMENTAN

Kementan Dorong Peningkatan Nilai Tambah Bawang Merah dalam Bentuk Olahan

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 17:11 WIB
Bawang merah bisa diolah menjadi produk turunan seperti bawang goreng, pasta, puree, dan sebagai bahan industri...
MI/Panca Syurkani

Touring bisa Beri Dampak Positif pada Perekonomian

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 16:55 WIB
"Tren di pascapandemi itu adalah orang berwisata di alam terbuka dan touring itu dilakukan di alam terbuka. Jadi touring itu cocok...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencegah Proyek Kereta (jadi) Mubazir

Pembengkakan biaya menjadi biang keladi perlu turun tangannya negara membiayai proyek dengan dana APBN.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya