Senin 14 Juni 2021, 23:30 WIB

Ciptakan SDM Unggul, PP Kagama Luncurkan Portal Kagama Karier

Ghani Nurcahyadi | Ekonomi
Ciptakan SDM Unggul, PP Kagama Luncurkan Portal Kagama Karier

Dok. PP Kagama
Menhub Budi Karya Sumadi saat meluncrkan kagamakarir.id

 

PENGURUS Pusat Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada meluncurkan portal kagamakarir.id. Peluncuran dilakukan langsung oleh Wakil Ketua Umum PP Kagama yang juga Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi secara daring.

Portal tersebut merupakan bagian dari upaya membantu pengembangan karier bagi alumni UGM dan masyarakat Indonesia pada umumnya. 

Kagama Karier menyediakan informasi lowongan pekerjaan, berbagai informasi terkait pengembangan karier dan pelatihan pengembangan diri. Kagama Karier juga merupakan mitra masyarakat yang hendak memajukan masyarakat melalui berbagai program pelatihan dan pengembangan diri.

"UGM dan Kagama terus melakukan fasilitasi kepada mereka yang bertalenta dan kita harus mampu memberikan solusi permasalahan bangsa untuk bertransformasi dan beradaptasi," jelas Budi yang merupakan alumnus Fakultas Teknik UGM itu.

Mengutip pernyataan Presiden Joko Widodo, Budi Karya menyebut, SDM yang unggul adalah salah satu aspek penting guna mengejar ketertinggalan. Pihaknya pun mendorong lahirnya talenta-talenta yang memiliki keterampilan lebih tinggi dan melek teknologi.

"Kita juga harus meningkatkan soft skill karena itu tidak ada duanya. berpikir kreatif, kritis, mampu melakukan koordinasi, mengontrol emosi, negosiasi dan sebagainya. Stakeholder perguruan tinggi menjadi sangat penting, Pemerintah juga siap koordinasi, tentu Kemenhub sangat terbuka untuk berkolaborasi. Kita sudah berkolaborasi dengan banyak universitas untuk melakukan suatu koordinasi tentang kebutuhan tenaga perhubungan, kita adakan kompetesi transhub challenge, bagaimana upaya-upaya melakukan kegiatan-kegiatan transportasi dengan digitalisasi," ujarnya.

Baca juga : Kualitas Insinyur Lokal Sudah Setara Standar Dunia

Ketua Umum PP Kagama Ganjar Pranowo mengatakan, portal kagamakarir.id merupakan terobosan yang bisa membantu alumni UGM dan masyarakat luas. 

"Bukan saja informasi pekerjaan dan beasiswa namun juga pelatihan kompetensi serta pengembangan diri dan karier," ujarnya.

Menurut Ganjar, saat ini Indonesia menghadapi situasi yang sangat sulit akibat pandemi Covid-19. Maka, kata Ganjar, isu tenaga kerja menjadi penting sekali untuk disiapkan.

"Ke depan tentu saja kita punya bonus demografi. Kalau kita manage dengan baik, skillnya kemudian dimilliki, dan mereka mampu mengelola seluruh isu, maka kita akan unggul Tentu mimpi kita semua di 2045 ya, kira-kira kita akan memenangkan pertempuran ini atau tidak.Dan kemudian sudah saatnya sekarang kita memetakan kekuatan SDM kita untuk tenaga kerja ke depan," imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, juga digelar Seminar bertajuk "Kesiapan Ketenagakerjaan Indonesia Menghadapi Revolusi Industri 4.0" dengan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah sebagai keynote speaker. (RO/OL-7)

Baca Juga

Dok. Bhinneka.com

Bhinneka dan Yayasan Indonesia Setara Perkuat Kolaborasi Lewat Kajian Ekonomi 5

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Mei 2022, 23:25 WIB
Hendrik Tio menjelaskan, Bhinneka hadir sebagai kurator UMKM berkualitas dengan mengkurasi para pelaku UMKM untuk bisa hadir di platform...
Dok. JULO

Kolaborasi JULO dan BukuWarung Perluas Akses Kredit untuk Pembiayaan Modal Usaha 7 Juta UMKM

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Mei 2022, 22:39 WIB
Sejak Agustus 2021, JULO bekerja sama dengan BukuWarung memberikan akses kredit digital ke 7 juta UMKM pengguna BukuWarung di...
Dok. Lanxess

Lanxess Gelar Virtual Days Sosialiasi Perkembangan Industri Bahan Kimia Khusus

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Mei 2022, 22:30 WIB
Webinar akan digelar dalam berbagai bahasa dengan basis waktu berbeda-beda bagi wilayah Eropa dan Timur Tengah (EMEA), Asia, India, dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya