Sabtu 12 Juni 2021, 23:00 WIB

Menhub: Pergerakan Pesawat Domestik Semakin Membaik

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Menhub: Pergerakan Pesawat Domestik Semakin Membaik

MI/ARYA MANGGALA
Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi,

 

MENTERI Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengungkapkan pergerakan pesawat di Indonesia di tahun kedua masa pandemi covid-19 diklaim membaik. Secara nasional, pergerakan pesawat sudah mencapai 60% dibandingkan dengan masa sebelum pandemi.

“Dari apa yang dilaporkan oleh AirNav, secara nasional pergerakan pesawat di Indonesia sudah di atas 60%. Sedangkan di Bandara Soekarno-Hatta (Jakarta) di atas 50% dibandingkan masa normal. Ini sudah ada kenaikan dibanding masa awal pandemi yang pergerakannya rendah,” kata Menhub dalam keterangannya, Sabtu (12/6).

Baca juga: Kementan Dukung DIY Perkuat Pembangunan Pertanian Berbasis Budaya

Budi mengaku, Kemenhub terus berupaya membuat kebijakan yang mendorong peningkatan pergerakan pesawat di tengah masa pandemi ini.

Cara yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah mendukung penerbangan nasional misalnya, dengan membeli atau memesan kursi pesawat (block seat). Menurutnya, cara ini bisa membantu meningkatkan pergerakan pesawat.

“Cara ini sudah ditunjukkan secara kreatif oleh sejumlah pemerintah daerah yaitu Pemprov Sulawesi Selatan dan Pemkab Toraja. Mereka bekerja sama dengan maskapai untuk memesan block seat guna keperluan perjalanan dinas sehingga bisa ada empat penerbangan dalam seminggu,” jelas Menhub

Menurut Budi, cara pemesanan melalui block seat ini bersifat sementara dengan waktu kurang lebih enam bulan pertama. Diharapkan pemerintah langkah ini bisa mendorong peningkatan pergerakan pesawat hingga mencapai tingkat keekonomian yang baik.

“Kami ingin memastikan bahwa pergerakan dari Jakarta menuju ke sejumlah Provinsi harus terjadi secara regular, apakah setiap hari atau dua hari sekali, tetap harus dilakukan pelayanan," jelasnya.

Selain itu, Menhub terus mengingatkan kepada seluruh stakeholder penerbangan untuk tetap memastikan protokol kesehatan berjalan dengan konsisten di pesawat maupun di bandara, dalam rangka upaya meredam tingkat penyebaran covid-19 di Indonesia.

“Simpul transporasi adalah simpul pergerakan yang sangat menentukan bagaimana kita mendukung pencegahan penyebaran covid-19 di Indonesia," tandasnya. (OL-6)

Baca Juga

Ist/Kementan

Patuhi Aturan, Kementan Tunda Keberangkatan Peserta Magang ke Jepang

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 17:09 WIB
BPPSDMP, Kementan, memberikan kesempatan kepada generasi muda khususnya petani muda untuk belajar tentang tata kelola pertanian yang maju,...
ANTARA

Gelontorkan Rp508 M, PUPR Mulai Tata Kawasan Pura Besakih di Bali

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 15:28 WIB
PUPR melalui Ditjen Cipta Karya menggunakan mekanisme rancang dan bangun (design and build) melalui kontrak tahun jamak tahun anggaran...
Antara

Demokrasi Siluman Lahirkan APBN Sakit

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 14:38 WIB
APBN merupakan hasil dari sistem demokrasi yang berjalan saat ini. Indonesia disebutnya sedang menjalani sistem demokrasi siluman yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pemerintah Afghanistan Hadapi Krisis Eksistensial

 Laporan SIGAR menggarisbawahi kekhawatiran pasukan Afghanistan tidak siap untuk melakukan pertahanan yang berarti

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya