Rabu 09 Juni 2021, 15:52 WIB

Laporan Keuangan 2020 OJK Raih Opini WTP dari BPK

Despian Nurhidayat | Ekonomi
Laporan Keuangan 2020 OJK Raih Opini WTP dari BPK

MI/Ramdani.
Otoritas Jasa Keuangan.

 

OTORITAS Jasa Keuangan (OJK) mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas Laporan Keuangan OJK Tahun 2020. Penyampaian opini WTP tersebut termuat dalam surat BPK RI yang ditandatangani anggota BPK RI Pius Lustrilanang kepada Ketua Dewan Komisioner OJK yang diterima belum lama ini.

"Opini WTP ini diperoleh OJK untuk ke delapan kalinya secara berturut-turut sejak Laporan Keuangan OJK pertama kali terbit tahun 2013," ungkap Deputi Komisioner Hubungan Masyarakat dan Logistik OJK Anto Prabowo dilansir dari keterangan resmi, Rabu (9/6).

Menurut Anto, OJK menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada BPK atas dukungan dan bimbingan dalam membangun sistem pengendalian internal dan governance di OJK sejak awal pendirian OJK hingga saat ini.

OJK menyambut baik hasil pemeriksaan "yang disampaikan oleh BPK terhadap Laporan Keuangan OJK Tahun 2020 yang sangat berguna untuk terus meningkatkan kualitas tata kelola, penyempurnaan proses bisnis dan peningkatan pengendalian internal yang efektif di OJK," tuturnya.

Berbagai hal telah dilakukan OJK dalam mewujudkan visinya menjadi lembaga yang kredibel melalui perbaikan kebijakan di berbagai bidang antara lain dengan meningkatkan efektivitas organisasi, memperbaiki sistem manajemen keuangan yang terintegrasi, membangun sistem manajemen sumber daya manusia, sistem manajemen aset, sistem procurement yang akuntabel dan berkualitas, serta beberapa sistem lainnya yang akan terus disempurnakan.

Di samping itu, OJK juga terus menyempurnakan peraturan terkait standar akuntansi keuangan yang digunakan OJK melalui kerja sama dengan lembaga/profesi terkait, seperti Ikatan Akuntan Indonesia (IAI).

Anto menegaskan bahwa hal ini merupakan bagian dari semangat OJK untuk menjalankan continuous improvement untuk memenuhi ekspektasi stakeholders.

"OJK akan terus berupaya melakukan perbaikan, diantaranya melalui percepatan proses penyelesaian tindak lanjut seluruh rekomendasi yang disampaikan oleh BPK, sebagai wujud komitmen OJK dalam menjaga aspek governance," pungkas Anto. (E-3)

Baca Juga

Dok.Ist

Bisnis Baut Diprediksi Terus Moncer

👤Mediaindonesia 🕔Selasa 22 Juni 2021, 21:01 WIB
Bisnis baut dan mur di Indonesia sangat prospektif seiring dengan pembangunan infrastruktur yang digulirkan pemerintah maupun pembangunan...
Ist

Peduli Pekerja, BPJAMSOSTEK Bagikan Ratusan Multivitamin dan Poster K3

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 22 Juni 2021, 20:51 WIB
Dalam upaya melindungi serta bentuk kepedulian kepada para pekerja, BPJAMSOSTEK menggelar kegiatan promotif dan preventif dengan...
Antara/Aswaddy Hamid

Blok Rokan Butuh Keandalan Pasokan Listrik

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 22 Juni 2021, 20:19 WIB
PHR sudah bekerja sama erat dengan PLN, sehingga rencana pasokan listrik dan uap ini bisa terlaksana dengan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Jakarta sedang tidak Baik-Baik Saja

SEPEKAN ini warga Ibu Kota mengalami kecemasan akibat meningkatnya kembali kasus positif covid-19 secara signifikan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya