Rabu 02 Juni 2021, 23:30 WIB

Pandemi dan Ramadan, Belanja Daring Didominasi Produk Segar

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Pandemi dan Ramadan, Belanja Daring Didominasi Produk Segar

focusedcollection.com
Ilustrasi

 

Belanja secara daring jadi pilihan praktis selama pandemi, tak terkecuali ketika bulan Ramadan. Layanan belanja mingguan GoMart, bagian dari aplikasi Gojek, mencatat beberapa tren baru kebiasaan belanja bahan makanan daring dari pelanggan selama Ramadan di tengah masa pandemi.

Head of Marketing GoMart Yoel Wijaya menuturkan, pertumbuhan transaksi hampir lima kali lipat dengan peningkatan jumlah pengunjung ke layanan GoMart sebesar 1,5 kali lipat selama Ramadan tahun ini dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Layaknya masyarakat yang cepat beradaptasi dengan berbagai kebiasaan baru di masa pandemi, kami juga merespons kebutuhan pengguna khususnya di bulan Ramadan kemarin. Kami telah meluncurkan ragam inisiatif untuk memudahkan masyarakat dalam menjalani ibadah puasanya seperti memberikan rekomendasi resep untuk berbuka dan sahur, menyajikan promo khusus Ramadhan hingga bagi-bagi voucher lewat misi ajak teman," kata Yoel dalam keterangan resmi, Rabu (2/6).

Dia merasa senang inisiatif tersebut disambut dengan baik oleh masyarakat yang tercermin dari pertumbuhan transaksi signifikan dibandingkan Ramadan tahun lalu. Berikut rangkuman tren belanja bahan makanan selama Ramadan lalu.

Pada kategori produk segar, buah menjadi yang paling banyak dipesan selama Ramadan, disusul dengan daging beku, daging dan ayam segar, sayuran serta boga bahari (seafood) segar. Produk segar ini bisa dibantu dipilihkan oleh asisten belanja yang akan mencari bahan terbaik.

Pada kategori sembako, tiga produk yang paling banyak dipesan konsumen selama bulan puasa melalui layanan ini adalah minyak goreng, gula pasir dan yang terakhir adalah beras.

Konsumen juga punya kecenderungan berbelanja pada akhir pekan. Layanan belanja ini mendapatkan banyak permintaan setiap hari Sabtu dan Minggu, lebih khususnya menjelang buka puasa pukul 16.00 hingga 17.00.

Yoel menambahkan, ada pertumbuhan layanan di kota-kota baru seiring semakin luasnya cakupan layanan dan bertambahnya pilihan merchant. Kota dengan pertumbuhan pengguna baru tertinggi selama bulan Ramadan adalah Semarang, disusul dengan Malang dan Surabaya. Sementara itu, kota dengan dengan volume pemesanan tertinggi selama bulan Ramadhan setelah Jabodetabek adalah Surabaya dan Semarang. "Seluruh upaya yang kami lakukan bertujuan untuk menjadikan pengalaman berbelanja bahan makanan mingguan secara online bagi masyarakat semakin mudah dan tanpa ribet," tutup dia. (Ant/OL-12)

 

Baca Juga

Dok Kemenparekraf

Sertifikasi CHSE di Lokasi Wisata Kini Dilengkapi SNI

👤Iis Zatnika 🕔Minggu 05 Desember 2021, 06:00 WIB
Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Skema Akreditasi CHSE (Cleanliness, Healthy, Safety & Environment Sustainability) untuk sektor...
Dok. Pribadi

Basuki Tjahaja Purnama Dinilai Cocok Pimpin Badan Pangan Nasional

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 23:51 WIB
BTP memiliki kapasitas dan kepemimpinan yang kuat serta komitmen politik dalam mewujudkan kedaulatan pangan dan kemandirian pangan di...
Dok Dwija Karya

Menangkap Potensi Besar Pasar Hunian di Tigaraksa

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 22:25 WIB
Proyek yang berada di bibir Jl Raya Tigaraksa dan memiliki luas lahan 5 hektare itu bernama Grand Almas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya