Minggu 30 Mei 2021, 01:40 WIB

Menteri Pertanian Pastikan Stok Pupuk Cukup

Dwi Apriani | Ekonomi
Menteri Pertanian Pastikan Stok Pupuk Cukup

MI/Dwi Aprini
Mentan RI Syahrul Yasin Limpo mengecek ketersediaan pupuk di gudang Pusri Palembang.

 

STOK atau ketersediaan pupuk merupakan hal utama yang menjadi perhatian Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo saat mengunjungi gudang penyimpanan pupuk di PT Pupuk Sriwidjaja, kemarin. Sebab, tak lama lagi akan memasuki
musim masa tanam kedua (Juli-Desember) sehingga pasokan pupuk untuk petani harus benar-benar dipastikan mencukupi.

"Selain saya mengecek kesiapan stok untuk memenuhi target pupuk subsidi nasional dari hasil produksi Pusri,  menghadapi musim tanam dua sebentar lagi saya harap ketersedian pupuk ini sesuai dengan Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK)," ujar Syahrul, kemarin.

RDKK yang telah ditetapkan harus benar sesuai dengan hasil validasi dari tingkat kabupaten/kota kemudian ke Provinsi dan tingkat Kementerian yang telah disepakati sehingga harapannya tak ada lagi keterlambatan penyaluran pupuk ke petani.

"Tadi juga saya mengecek agar produksi dari Pusri ini tepat waktu sesuai lini, yakni lini satu di Provinsi dan lini kedua di Kabupaten dan lini tiga kecamatan dan seterusnya," ujarnya.

Ia tak menampik kebutuhan untuk pupuk subsidi sangat besar, setidaknya permintaannya mencapai 24 juta namun baru bisa terpenuhi hanya 9 juta saja. "Kami terus berupaya meningkatkannya sesuai dengan instruksi presiden," ujarnya.

Ia menyebutkan, produksi di masa tanam satu ini sudah cukup maksimal, tinggal persiapan di masa tanam kedua. Oleh karenanya, sebenarnya bukan adanya kelangkaan pupuk namun hanya kekurangan dan itu telah ditutupi oleh skala ekonomi yang dilakukan lewat Kredit Usaha Rakyat (KUR).

"Selain subsidi ada pupuk non subsidi yang bisa didapatkan melalui sistem KUR. Jadi masyarakat tidak usah kuatir jika tidak mendapat kuota pupuk karena masyarakat atau petani bisa menggunakan KUR untuk mendapatkan pupuk," pungkasnya. (OL-13)

Baca Juga: Dukung Silaturahmi Virtual, Nissin Wafers Hadirkan Teknologi AR

Baca Juga

Ist/PT KAI

Cara KAI Bertahan dan Berkontribusi di Masa Pandemi 

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 September 2021, 18:54 WIB
PT KAI tidak melakukan sama sekali pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada semua pegawai dan membayarkan gaji sesuai dengan hak kepada...
Foto: Diskominfo Garut

Kabupaten Garut Mampu Suplai Produksi Jagung 500 Ribu Ton Setahun

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 September 2021, 17:01 WIB
Endang Junaidi dari Dinas Pertanian Kabupaten Garut menjelaskan bahwa wilayahnya setiap tahun dapat menyuplai produksi jagung ke Jawa barat...
ANTARA FOTO/Agvi Firdaus

Pulau Jawa Panen Raya Jagung, Pakan Ternak Melimpah Ruah

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 September 2021, 16:51 WIB
Panen raya ini merupakan rangkaian produksi petani yang telah melakukan cocok tanam selama kurang lebih 4 bulan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Cegah Konflik di Myanmar semakin Memburuk

Bentrokan antara pasukan perlawanan bersenjata dan militer dalam beberapa hari terakhir telah mendorong gelombang evakuasi baru di wilayah barat laut

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya