Jumat 28 Mei 2021, 13:15 WIB

Dorong Transaksi Digital QRIS untuk Belanja Bulanan

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Dorong Transaksi Digital QRIS untuk Belanja Bulanan

Dok.Nobu
Ilustrasi

 

PANDEMI covid-19 secara langsung atau tidak memang mempercepat proses transformasi digital di tengah masyarakat. Situasi dan kondisi itu pun ditanggapi oleh para pelaku usaha. Mereka pun mula berlomba-lomba migrasi ke digital.

Salah satunya adalah Nobu Bank yang bekerjasama dengan PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) yang mengoperasikan Hypermart, Foodmart, Primo, Hyfresh, Boston dan Foodmart Express. Mereka menggelar program promosi QRIS bertajuk ‘QRISzy Deals Payday’, pada 28-31 Mei di seluruh gerai Hypermart yang tersebar di 31 propinsi, dari Medan sampai Timika. Program itu merupakan rangkaian program promosi yang berkesinambungan dengan tujuan untuk mendorong penggunaan tranksaksi digital QRIS semakin masif di  masyarakat. 

Menurut Direktur Utama Nobu Bank, Suhaimin Djoha , program itu sengaja diluncurkan di kisaran tanggal gajian karyawan karena ditujukan bagi mereka yang ingin berbelanja bulanan. Dengan melakukan transaksi secara digital melalui QRIS, mereka dapat berbelanja barang kebutuhan sehari-hari dengan harga yang jauh lebih ekonomis. “Program ini adalah rangkaian dari program Nobu Bank untuk menggenjot transaksi digital yang telah kami luncurkan, dan disambut antusias oleh masyarakat.”

Suhaimin menambahkan bahwa berdasarkan pengamatan mereka, volume transaksi digital QRIS terus menunjukkan tren positif. Hal ini membuktikan bahwa transaksi digital QRIS makin diminati masyarakat. Mereka memprediksi  transaksi digital QRIS akan menjadi bagian dari gaya hidup. 

Kehadiran QRIS (QR Code Indonesian Standard) sebagai sarana pembayaran yang interoperable, dapat menerima transaksi dari uang elektronik dan mobile banking apa pun, telah memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk bertransaksi di merchant kesayangan mereka. 

Statistik Bank Indonesia menyebutkan bahwa total nominal transaksi uang elektronik di Kuartal I 2021 tumbuh 33% dibanding periode yang sama di  2020, dengan nilai per transaksi tumbuh 47%. Hal yang kurang lebih sama terjadi pada penggunaan mobile banking, dalam tiga bulan pertama di 2021, volume transaksi bertumbuh 48%, dengan pertumbuhan nominal transaksi sebesar 41%.

Data tersebut menunjukkan bahwa masyarakat dengan cepat telah mengadopsi penggunaan transaksi digital dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya melalui QRIS. Selain semakin mudah dipahami, para pemilik platform uang elektronik dan mobile banking juga menawarkan berbagai promosi menarik, sehingga semakin mendorong masyarakat untuk menikmati kemudahan dan manfaatnya. 

Sebagai bank yang memiliki komitmen tinggi dalam mendukung Bank Indonesia untuk memasyarakatkan QRIS sebagai sarana pembayaran, Nobu Bank secara konsisten terus mendorong pengenalan transaksi digital QRIS baik kepada pemilik usaha atau merchant, maupun kepada konsumen pengguna uang elektronik atau mobile banking. 

Tahun ini, Nobu Bank menargetkan menjadi Top 5 Merchant QRIS terbesar dengan proyeksi volume sekitar 1-2 juta transaksi per bulan. Meski kinerja perbankan nasional belum sepenuhnya pulih pasca pandemi, pada akhir Kuartal I Tahun 2021 Nobu Bank masih dapat membukukan pertumbuhan yang positif. Aset Bank mencapai Rp14,4 triliun atau tumbuh 12,8% yoy, sementara Dana Pihak Ketiga mencapai Rp11 triliun atau tumbuh 25,5% yoy, dan penyaluran Kredit mencapai Rp7,6 triliun atau tumbuh 14,4% yoy. (RO/A-1) 

Baca Juga

Antara/M Agung Rajasa

Indonesia Berpotensi Miliki Puluhan Unicorn

👤Arnoldus Dhae 🕔Minggu 19 September 2021, 23:50 WIB
SAAT ini, Indonesia telah memiliki 5 unicorn atau perusahaan rintisan (startup) yang bernilai di atas US$1...
Antara/Aditya Pradana Putra

Gaikindo Sambut Baik Perpanjangan Diskon PPnBM Sampai Akhir Tahun 2021

👤Despian Nurhidayat 🕔Minggu 19 September 2021, 23:00 WIB
Menurut Jongkie, penjualan otomotif nasional terus mengalami peningkatan secara bertahap di tengah dukungan pemerintah terhadap industri...
Ist

Balai Penyuluhan Pertanian Tonggak Pembangunan Sektor Pertanian

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 19 September 2021, 22:39 WIB
Kementan memaksimalkan peran Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) yang ada di level...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Bendungan Rakyat

\PEMERINTAH berkomitmen meningkatkan produktivitas hasil pertanian di Tanah Air.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya