Rabu 19 Mei 2021, 00:40 WIB

5 Tips Menabung jadi Lebih Mudah

Putri Rosmalia Octaviyani | Ekonomi
5 Tips Menabung jadi Lebih Mudah

Ilustrasi
Ilustrasi menabung

 

MENABUNG sudah tak diragukan lagi manfaatnya bagi semua orang. Memiliki tabungan sangat memudahkan untuk berbagai kebutuhan di masa yang akan datang.

Meski sangat bermanfaat, nyatanya bagi banyak orang menabung bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Menyisihkan uang untuk ditabung kerap menjadi sangat sulit dan jarang dilakukan. Biaya untuk kebutuhan hidup yang tinggi, penghasilan pas-pasan, hingga gaya hidup boros menjadi penyebabnya. 

Untuk mempermudah aktivitas menabung ada berbagai hal yang bisa dilakukan. Berikut ini rekomendasi lima hal yang bisa dilakukan untuk membuat menabung menjadi lebih mudah dilakuan.

1. Buat Target 

Menabung akan jadi lebih mudah dan penuh semangat kalau ada target yang ingin dicapai. Buatlah target jumlah uang yang akan ditabung dalam jangka pendek, menengah, atau panjang. Target juga bisa dibuat dalam bentuk lain seperti benda yang ingin dibeli. 

2. Segera Sisihkan Uang 

Jangan tunda untuk menyisihkan uang setiap bulan. Segera sisihkan uang yang ingin ditabung ketika baru saja mendapat gaji bulanan. Dengan begitu uang tidak akan habis terpakai tanpa sempat menyisihkan untuk tabungan.

Baca juga : Siap Bantu Masyarakat Hasilkan Uang dengan Aplikasi Investasi

3. Tabungan Harian

Kalau tak ingin langsung menyisihkan uang dalam jumlah besar setiap bulan atau pekan, menabunglah setiap hari. Sisihkan uang untuk ditabung setiap hari dalam nominal yang lebih kecil. Misalnya menyisihkan Rp10 ribu setiap hari. Cara ini akan membuat menabung terasa lebih ringan dan tak menjadi beban. 

4. Aktifkan Fitur Potong Saldo

Bagi pengguna internet banking, mengaktifkan fitur potong saldo bisa menjadi opsi. Fitur tersebut akan memotong sejumlah uang dengan nominal yang kita tentukan secara otomatis di tanggal yang juga kita atur sebelumnya. Saldo kemudian akan dialihkan ke rekening lain. Anda bisa mengatur agar pemotongan dilakukan tepat di tanggal gaji masuk ke rekening. 

5. Arisan

Kalau cara-cara menabung mandiri tak juga berhasil membuat menabung lebih mudah, mungkin mengikuti arisan bisa menjadi pilihan. Dengan ikut arisan, Anda secara otomatis terikat untuk menyisihkan uang iuran pada periode waktu yang telah disepakati. Namun, pastikan arisan yang diikuti terjamin keamanan dan terpercaya pesertanya.

(OL-7)
 

Baca Juga

Dok. Kredivo

Kredivo Dapat Tambahan Kucuran Lini Kredit US$ 100 Juta dari VPC

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Rabu 23 Juni 2021, 03:00 WIB
CEO Kredio Umang Rustagi mengatakan, pendanaan lini kredit tersebut merupakan yang terbesar bagi Kredivo hingga saat...
Dok. Tokopedia

Dua Pelaku UMKM Bertema Budaya ini Sukses Manfaatkan Platform Digital

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Rabu 23 Juni 2021, 02:30 WIB
Demi meningkatkan penjualan, Caramia pun memanfaatkan platform digital. Dia mengungkapkan saat ini sekitar 60 persen penjualan Tioria by...
Dok. WOM Finance

WOM Finance Targetkan Rp5 Triliun dari Obligasi Berkelanjutan IV Tahap 1

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Rabu 23 Juni 2021, 01:30 WIB
Dana yang didapat dari obligasi akan digunakan sebagai modal kerja WOM Finance untuk menyalurkan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kereta Api Makassar-Parepare Membangun Ekonomi dan Peradaban

Belanda pernah membuat jalur kereta api Makassar-Takalar, namun sejak Jepang berkuasa jalur itu dibongkar. Dan baru era sekarang, Sulawesi Selatan kembali memiliki jalur  kereta api

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya