Selasa 11 Mei 2021, 00:30 WIB

Sandiaga akan Buka Perjalanan Bebas Covid-19 Sanur- Gili Trawangan

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Sandiaga akan Buka Perjalanan Bebas Covid-19 Sanur- Gili Trawangan

Antara
Sandiaga Uno

 

KEMENTERIAN Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bakal membangun travel pattern atau pola perjalanan pariwisata dari Gili Trawangan, Nusa Tenggara Barat (NTB) ke Sanur, Bali.

Gili Trawangan dianggap sudah masuk zona hijau penularan covid-19 sehingga bisa dihubungkan kawasan wisata zona lainnya seperti yang ada di Bali. Rencana tersebut pun ditargetkan tidak hanya menarik wisatawan domestik.

"Untuk saat ini, kami akan fokus terlebih dahulu untuk wisatawan nusantara. Namun tidak menutup kemungkinan akan difokuskan pada wisatawan mancanegara (wisman)," kata Sandiaga dalam konferensi pers virtual, Senin (10/5).

Pembukaan suatu kawasan untuk menerima turis asing memang sudah ditargetkan pemerintah pada Juni atau Juli mendatang di Kawasan Bali, seperti di daerah Sanur, Nusa Dua dan Ubud.

Sandiaga menambahkan, kesiapan pengelola tempat destinasi pun dianggap menjadi faktor kunci dalam menerima kunjungan wisman.

Kemudian, akselerasi vaksinasi bagi tenaga kerja pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) juga dinilai penting dalam pembukaan wisata yang dibalut dalam Travel Corridor Arrangement (TCA).

"Saat ini kami masih berkoordinasi secara intensif dengan lintas K/L, serta melakukan monitoring dan evaluasi dengan pemda untuk menyiapkan pola perjalanan yang menghubungkan zona hijau di Bali dengan Gili Trawangan," pungkas Sandiaga.

Dalam mewujudkan rencana itu, Kemenparekraf akan bekerja sama dengan pelaku sektor pariwisata yang ada di Bali untuk menjual paket wisata yang menghubungkan dengan daerah Gili Trawangan.

Kemenparekraf menyebut, travel pattern dianggap cocok dengan tren wisata saat ini yang personalized, customized dan localize. Personalized artinya wisata yang bersifat pribadi, yang hanya untuk keluarga saja.

Customized sendiri wisata yang dapat memenuhi kebutuhan wisatawan seperti alam hijau terbuka, atau pantai. Sedangkan, localized artinya wisata yang disiapkan untuk masyarakat domestik bisa dihadirkan tanpa jarak yang jauh atau dekat dari rumah. (OL-8)

Baca Juga

Istimewa

Bahu-membahu Berantas Fintech Ilegal

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 21 Juni 2021, 21:33 WIB
Ada tiga solusi memberantas pinjaman online...
Instagram @sandiuno

Setelah Bali, Sandiaga Memilih WFH di Magelang

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 21 Juni 2021, 21:15 WIB
Kehadirannya di Kabupaten Magelang itu diharapkan dapat mendongkrak pariwisata di wilayah...
DOK Pribadi.

Pandora Box Hadiah Istimewa bagi Pelanggan Setia

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 21 Juni 2021, 20:45 WIB
Pandora Box merupakan bentuk apresiasi dan kasih sayang dari pihaknya untuk para...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Jangan Gagap Lindungi Nasabah di Era Digital

ERA pandemi covid-19 berdampak pada berpindahnya aktivitas masyarakat di area digital.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya