Senin 03 Mei 2021, 13:52 WIB

Arsjad Rasjid : RI Berpotensi Jadi Produsen Produk Halal Terbesar

Ghani Nurcahyadi | Ekonomi
Arsjad Rasjid : RI Berpotensi Jadi Produsen Produk Halal Terbesar

MI/Denny Susanto
Wakil Ketua Umum KADIN Arsjad Rasjid

 

WAKIL Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Bidang Pengembangan Pengusaha Nasional yang juga Ketua Dewan Penyantun Masyarakat Syariah (MES), Arsjad Rasjid mengajak kalangan marketplace  untuk membantu mewujudkan Indonesia sebagai produsen produk halal terbesar di dunia.

Peran serta industri marketplace dapat dilakukan dengan cara membantu memasarkan produk-produk halal yang dihasilkan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di berbagai daerah di Tanah Air. 

“Indonesia setidaknya punya lima raksasa marketplace, yaitu Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, Blibli. Saya yakin, marketplace yang ada ini tidak hanya menjual produk-produk halal di Indonesia, tapi jangkauannya  sampai ke luar negeri,” kata Arsjad dalam keterangannya, Senin (3/5).

Arsjad yang mencalonkan diri sebagai Ketua Umum Kadin periode 2021-2026 optimistis dukungan marketplace dan industri digital akan mengangkat derajat UMKM Indonesia, dari penjual lokal menjadi eksportir. 

“Saya yakin peran strategis industri digital dan marketplace akan  mengangkat Usaha Mikro Kecil Menengah  kita ke tingkat yang lebih baik. UMKM kita akan naik kelas karena produk-produknya  merambah pasar luar negeri,” kata Arsjad.

Baca juga : Kebijakan Fiskal 2022 Dinilai belum Dukung Pemulihan Ekonomi Hijau

Ia mengungkapkan,  Tokopedia sebagai marketplace terdepan di Indonesia memiliki traffic share mencapai 32,04% dengan jumlah kunjungan bulanan ke layanan Tokopedia mencapai 129,1 juta. Peringkat kedua ditempati Shopee dengan kunjungan bulanan sebanyak 120 juta. Selanjutnya, Bukalapak, Lazada, dan Blibli. 

“Potensinya sangat besar. Tinggal bagaimana kita memanfaatkannya dengan menyediakan produk-produk yang diminati konsumen di luar negeri,” jelas dia.

Sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, ia meyakini bahwa produk-produk  halal asal Indonesia  yang dikemas secara baik akan diminati konsumen di luar negeri. 

“Kolaborasi sinergis antara industri marketplace dan UMKM  akan memuluskan jalan Indonesia menjadi pusat industri halal dunia. Potensi ekonomi berbasis syariah di Indonesia sangat besar. Apalagi pemerintah juga memiliki cita-cita untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat industri halal dunia,” katanya. (RO/OL-7)

Baca Juga

DOK KEMENDES PDTT

Saat Halalbilhalal, Gus Menteri Apresiasi Kerja Keras Para Kades

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 14 Mei 2021, 20:17 WIB
Gus Menteri memberi apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh kades yang bekerja keras melaksanakan pembangunan...
Antara

Kepala BKPM Optimistis Ekonomi RI Segera Membaik

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 14 Mei 2021, 16:59 WIB
Masih dalam suasana Idulfitri, Bahlil menyampaikan harapan terhadap kinerja ekonomi nasional lewat akun media...
ANTARA FOTO/Fauzan

Saat Lebaran, AP I Layani 1.697 Penumpang Nonmudik

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 14 Mei 2021, 16:45 WIB
Di hari H Lebaran juga, AP I mencatat hanya ada 93 pergerakan pesawat di 15 bandara yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Toleransi tak Pernah Putus di Adonara

Bencana membuat masyarakat Adonara semakin rukun. Ramadan lebih mempersatukan mereka.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya