Kamis 29 April 2021, 19:06 WIB

Belanja Iklan Digital Naik Empat Kali Lipat akibat Pandemi

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Belanja Iklan Digital Naik Empat Kali Lipat akibat Pandemi

DOK Pribadi.
Webinar.

 

SECARA total belanja iklan digital naik hampir empat kali lipat pada 2020 jika dibandingkan dengan 2019. Ini terjadi hampir di seluruh platform digital.

Itu disampaikan Chairman Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) Janoe Arijanto dalam webinar bertajuk Marketing & Communication Dream Team in a Game Changing, Kamis (28/4). "Kenaikan yang signifikan ini terutama dorongan ketika masa pandemi," ujar Janoe.

Lebih lanjut Janoe menjelaskan bahwa peminat media cetak mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Sebagian berhasil bertransformasi ke digital dan mempertahankan kualitas jurnalismenya dengan baik. Sebagian tidak bisa mentransformasikan diri ke digital.

 

"Ketika pandemi, jumlah pembaca cetak sempat mengalami kenaikan karena pembaca secara keseluruhan meningkat di berbagai platform. Mungkin kenaikan ini terjadi karena home channel juga naik, kebanyakan orang ada di rumah," tuturnya dalam webinar yang digelar Majalah Mix MarComm (Swa Group).

Pada kesempatan itu Majalah Mix MarComm (Swa Group) menggelar program Indonesia MarComm & CorComm Dream Team 2021. Program ini merupakan rekognisi terbaru dari majalah yang merayakan ulang tahun ke-17 itu untuk para profesional marketing communication (MarComm) & corporate communication (CorComm) dan para branding enthusiast di Indonesia.

“Anugerah Indonesia MarComm & CorComm Dream Team 2021 diharapkan dapat menjadi amunisi baru bagi tim CorComm dan MarComm Indonesia untuk berkarya lebih baik lagi dan menjadi inspirasi bagi para profesional marketing dan komunikasi Indonesia lainnya,” kata Lis Hendriani, Pemimpin Redaksi Majalah Mix MarComm.

Ada dua kategori utama dalam anugerah ini, yaitu CorComm Team dan MarComm Team. Masing-masing kategori dibagi lagi ke dalam tiga subkategori. Salah satunya, Excellent Team ialah tim terbaik yang berhasil memainkan orkestra tantangan yang dihadapi, strategi yang diciptakan (untuk menghadapi tantangan tersebut), koordinasi antaranggota tim, dan eksekusi strategi sehingga menciptakan result (output dan outcome) yang maksimal.

Lantas Solid Team ialah tim terbaik dengan poin tertinggi dalam penilaian koordinasi dan eksekusi strategi. Effective Team ialah tim terbaik dengan poin tertinggi dalam penilaian strategi dan result. Perusahaan pemenang Indonesia MarComm & CorComm Dream Team 2021 antara lain Sinar Mas Land, Multilateral Global Cahaya, Frisian Flag Indonesia, Astra International, Bank Central Asia, dan Pertamina Lubricants. (OL-14)

Baca Juga

MI/Selamat Saragih

Insentif Bisnis Minta Ditingkatkan, Pengusaha Klaim Bermanfaat Bagi Pendidikan

👤Selamat Saragih 🕔Minggu 23 Januari 2022, 11:20 WIB
DALAM upaya mendongkrak perekonomian pasca Pandemi Covid-19, pemerintah diharapkan perlu mengatur insentif yang dapat dirasakan manfaatnya...
dok angkasa pura

Tingkatkan Transparansi, Angkasa Pura II Gandeng Visi Integritas

👤RO/Micom 🕔Minggu 23 Januari 2022, 10:30 WIB
PT Angkasa Pura II meningkatkan transparansi, akuntabilitas, integritas, dan budaya...
MI/Wibowo Sangkala

Pengamat: Indonesia Butuh Enterpreneur Seperti Marimutu Sinivasan

👤Wibowo Sangkala 🕔Minggu 23 Januari 2022, 09:45 WIB
TERLEPAS dari polemik hutang Sinivasan kepada negara, sesungguhnya Sinivasan adalah sosok enterpreuner yang sangat dibutuhkan oleh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya