Senin 26 April 2021, 21:23 WIB

APPBI Prediksi Tingkat Kunjungan Mal Naik 40% Saat Lebaran

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
APPBI Prediksi Tingkat Kunjungan Mal Naik 40% Saat Lebaran

Antara
Sejumlah warga mengikuti vaksinasi COVID-19 di Mal Bali Galeria, Kuta, Bali, Rabu (21/4/2021).

 

KETUA Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja memprediksi tingkat kunjungan masyarakat ke pusat perbelanjaan akan meningkat pada saat lebaran tahun ini dibandingkan 2020 lalu.

Pihaknya mencatat tingkat kunjungan ke mal pada saat Hari Raya Idul Fitri 2020 naik sekitar 20% dibandingkan dengan hari biasa pada tahun lalu. Ramalan peningkatan itu disebabkan adanya program vaksinasi covid-19 yang sudah dijalankan pemerintah sejak Maret lalu.

"Diperkirakan tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan pada Idul Fitri tahun ini akan meningkat sekitar 30% - 40% dibandingkan dengan Idul Fitri 2020 lalu," jelas Alphonzus kepada wartawan, Senin (26/4).

Dia berpendapat, tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan akan mulai bergerak menuju normal setelah vaksinasi untuk masyarakat umum dilaksanakan. APPBI menyebut, rencananya layanan kesehatan itu baru akan dimulai paling cepat pada triwulan III tahun ini.

"Jadi, kunci dalam hal peningkatan kunjungan ke pusat perbelanjaan adalah vaksinasi untuk masyarakat umum," ucap Alphonzus.

Meski demikian, dia mengatakan perkiraan tingkat jumlah kunjungan masyarakat ke mal tidak akan naik signifikan di atas 50%.

Hal ini, lanjut Alphonzus, karena situasi di beberapa daerah masih dalam bingkai Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro atau dengan kata lain masih ada pembatasan aktivitas warga.

"Tingkat kunjungan dan tingkat penjualan (di mal) pada bulan Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini akan lebih tinggi dari tahun lalu tapi tidak akan terjadi peningkatan yang signifikan," tandas Alphonzus. (E-3)

Baca Juga

ANTARA/Erick Yusuf

Bersih-bersih BUMN, Erick Thohir: Ini Bukan Arogansi

👤Widhoroso 🕔Jumat 21 Januari 2022, 21:22 WIB
MENTERI BUMN Erick Thohir mengatakan program 'bersih-bersih' di lingkungan Kementerian BUMN jangan disalahartikan sebagai suatu...
DOK IST

Puluhan Kios Semi Permanen di Plaza Kuliner Direnovasi

👤Gana Buana 🕔Jumat 21 Januari 2022, 19:00 WIB
Bagian dari program...
Antara

Naikkan Gaji SP Pertamina, Direksi Dinilai Selamatkan Kepentingan Publik

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 21 Januari 2022, 18:34 WIB
Sebelumnya, FSBB sempat mengancam menggelar aksi mogok kerja karena menuntut kenaikan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya