Rabu 21 April 2021, 15:27 WIB

Jokowi Minta Pembangunan Kawasan Industri Batang Dipercepat

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Jokowi Minta Pembangunan Kawasan Industri Batang Dipercepat

Antara
Presiden Joko Widodo meninjau panen raya padi di Desa Wanasari, Indramayu, Jawa Barat.

 

PRESIDEN Joko Widodo menginstruksikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono serta Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia untuk mengakselerasi pembangunan Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB), Jawa Tengah.

Mengingat, sudah ada sejumlah perusahaan asing yang dalam waktu dekat siap mendirikan pabrik di kawasan industri tersebut.

"Nanti Mei, ada peletakan batu pertama untuk industri kaca. Itu mungkin jadi yang terbesar di Asia Tenggara. Setelah itu, ada lagi industri prekusor, katoda, yang akan dibangun Juni atau Juli," ujar Jokowi, sapaan akrabya, di KITB, Batang, Jawa Tengah, Rabu (21/4).

Baca juga: Presiden Kunjungi Lokasi Panen Padi & Kawasan Industri Batang

Kepala Negara menyebut dirinya terus memantau progres pembangunan KITB secara berkala, demi memastikan proyek tersebut selesai tepat waktu. Sehingga, investor yang siap merealisasikan komitmen, bisa langsung masuk dan memanfaatkan kawasan tersebut.

"Ini harus bisa segera dibangun. Kita harap ini akan menyerap tenaga kerja sebanyak-banyaknya. Memberikan pekuang kerja. Nanti juga ada arus modal masuk, yang kemudian menggerakan perekonomian nasional," imbuh Jokowi.

Diketahui, KITB memiliki total luas mencapai 4.500 hektare. Namun, untuk tahap awal, pemerintah baru menyiapkan lahan seluas 450 hektare.(OL-11)

Baca Juga

Ist/Kementan

Kementan Berkomitmen Tingkatkan Ekspor Sarang Burung Walet

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 11 Mei 2021, 10:01 WIB
Direktur Jenderal PKH, Nasrullah menyampaikan, Indonesia sampai saat ini masih menjadi penghasil sarang walet terbesar di dunia dengan...
Dok Kemenag

Kemenag Siapkan Skema Khusus Sertifikasi Halal

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 11 Mei 2021, 07:32 WIB
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang  berkomitmen untuk mempercepat realisasi Kawasan Industri Halal di berbagai wilayah. Dan Kemenag...
Dok Tugu Insurance

Tugu Insurance Bagikan Dividen Rp92,8 Miliar

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Selasa 11 Mei 2021, 06:30 WIB
Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) menyepakati untuk pemberian dividen...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Transformasi Kota Tua

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta bergandengan tangan bersama Kementerian BUMN dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya