Jumat 16 April 2021, 20:22 WIB

PT Pos Indonesia Resmi Luncurkan PosGo Syariah

M. Iqbal Al Machmudi | Ekonomi
PT Pos Indonesia Resmi Luncurkan PosGo Syariah

Antara
Konferensi pers peluncuran PosGo Syariah di Jakarta, Jumat (16/4)

 

PT Pos Indonesia resmi meluncurkan ekosistem besar bisnis dan jasa berprinsip syariah yang akan melibatkan banyak stakeholder dari kalangan pelaku usaha, Perbankan, SRO dan Regulator yang dinamakan PosGo Syariah.

Senior Vice President and Marketing Bisnis Jasa Keuangan PT Pos Indonesia, Haris mengatakan produk digital PosGo Syariah merupakan sebuah aplikasi mobile berbasis syariah yang terintegrasi kepada bursa, perbankan, kustodian dan lainnya.

Selain itu, PosGo Syariah merupakan sebuah ekosistem besar yang mengintegrasikan banyak pihak untuk dapat aktif melakukan transaksi perdagangan, bisnis, jasa, utilitas, keuangan serta sebuah ekosistem yang mengintegrasikan proses kerja pengawasan semua lembaga regulator di Indonesia.

"Tujuannya untuk semakin meningkatkan kualitas perlindungan kepada masyarakat sebagai konsumen dan membentuk sebuah ekosistem solusi yang sistematis untuk kehidupan masyarakat yang lebih baik," kata Haris dalam konferensi pers daring soft launching Ekosistem PosGo Syariah, Jumat (16/4).

Haris mengungkapkan terciptanya produk tersebut karena melihat peluang bisnis syariah yang menunjukkan tren positif. Selain itu, pemerintah juga mendukung bisnis syariah ini.

"Untuk bisa masuk bisnis ini kita menyiapkan unit bisnis syariah dan salah satu produk yang diluncurkan adalah PosGo Syariah. Sehingga ini adalah uapaya kami untuk bisa mewujudkan salah satu keberadaan BUMN untuk mendukung kebijakan pemerintah di bidang ekonomi, pembangunan, dan lainnya," ujar Haris.

Haris menerangkan apa yang dilakukan saat ini sejalan dengan transformasi yang dilakukan PT Pos Indonesia. Dalam 5 tahun ke depan PT Pos Indonesia akan melakukan banyak transformasi di berbagai sektor seperti transformasi di bidang bisnis, produk, proses, teknologi, SDM, organisasi, dan culture.

Dalam fase pertama akan memiliki 6 fitur unggulan, yaitu PosGold sebagai platform perdagangan fisik emas secara digital dibawah pengawasan dan peraturan yang ditetapkan oleh BAPPEBTI.

Kemudian, Pos Pay sebagai layanan Payment Gateway dan E-Wallet yang telah dikembangkan PT Pos Indonesia dengan basis rekening Giro Pos, Switch sebuah bentuk layanan interaksi transfer antar pengguna.

"Gold To Mecca sebuah layanan jasa pengelolaan aset secara langsung oleh masyarakat untuk perjalanan ibadah haji dan umroh. Ada juga ZISWAF sebuah layanan untuk aktifitas zakat, infaq, shodagoh dan wakaf dalam skema interaksi langsung masyarakat dengan para pengelolanya," jelasnya.

Ada juga Halal Hub sebagai platform aktifitas transaksi bisnis dalam segala bentuk namun pelaku usaha harus tersertifikasi halal oleh lembaga yang berkompeten.

Haris menyebutkan salah satu tulang punggung utama ekosistem bisnis PosGo Syariah adalah platform perdagangan fisik emas secara digital PosGold yang dikembangkan bersama Bullion Ecosystem International, ABI Komoditi Berjangka, dan proses dukungan transaksi perdagangan difasilitasi oleh Bursa Komoditi & Derivatif Indonesia (Indonesia Commodity & Derivatives Exchange/ICDX).

ICDX dan ICH bersama mitra strategisnya ABX, Australia dan Kinesis AG, Liechtenstein memberikan akses ke sistem perdagangan fisik emas international secara luas untuk PT Pos Indonesia, dengan memberikan kepastian pasokan likuiditas pasar untuk transaksi pembelian fisik emas termasuk juga pasokan likuditas tunai untuk transaksi penjualan fisik emas secara langsung ke sistem likuiditas pasar international.

"Dengan volume transaksi yang mencapai US$1,2 miliar pada Maret 2021 dalam sistem transaksi Kinesis AG, diharapkan juga akan memberikan pasokan likuiditas terukur untuk PT Pos Indonesia sekaligus sebagai bentuk proteksi terhadap proses transaksi yang dilakukan oleh masyarakat. Proteksi untuk setiap transaksi masyarakat adalah prinsip utama yang ditekankan dalam ekosistem Posgo Syariah," pungkasnya. (E-3)

Baca Juga

Tokko Semesta

Ridwan Kamil Resmikan Platform Khusus UMKM Tokko

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 September 2021, 20:46 WIB
Tokko Semesta (tokko.co.id) merupakan sebuah platform digital yang dirancang untuk sepenuhnya mendukung aktivitas para pelaku UMKM dalam...
Dok.Semen Indonesia

Semen Indonesia Kembali Raih Predikat Outstanding Company dari Asiamoney

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 September 2021, 19:46 WIB
Penghargaan ini merupakan motivasi sekaligus semangat bagi SMGR untuk terus mendorong kinerja...
Ist/Kementan

BPP Lampung Raih Juara Realisasi Anggaran Berbasis Kinerja

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 September 2021, 19:32 WIB
Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Lampung berhasil meraih juara II untuk kategori realisasi serapan anggaran di...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Cegah Konflik di Myanmar semakin Memburuk

Bentrokan antara pasukan perlawanan bersenjata dan militer dalam beberapa hari terakhir telah mendorong gelombang evakuasi baru di wilayah barat laut

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya