Selasa 13 April 2021, 20:39 WIB

Travel Bubble antara Kepri-Singapura bakal Dibuka Mei

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Travel Bubble antara Kepri-Singapura bakal Dibuka Mei

MI/Noor Alam.
Nongsa Point Marina Anresort.

 

KEMENTERIAN Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengungkapkan penerapan perjalanan tanpa karantina atau travel bubble antara Kepulauan Riau (Kepri) dengan Singapura bakal terealisasikan pada bulan depan. Ada dua tempat yang dipilih sebagai tempat pembukaan wisata bagi turis dari Singapuran di Kepri, yakni Nongsa di Batam dan Lagoi di Bintan.

Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kemenparekraf R Kurleni Ukar mengungkapkan, Gubernur Kepri Ansar Ahmad sempat mengajukan pembukaan koridor wisata di Lagoi pada April ini. Hal tersebut diundur karena mempertimbangkan program vaksinasi yang harus terselesaikan bagi warga setempat dan respons dari pemerintah Singapura.

"Mereka menyiapkan beberapa skenario yaitu pada 21 April, kemudian 1 Mei, atau di 1 Juni 2021," ungkap Kurleni dalam keterangannya, Selasa (13/4). Menurutnya, vaksinasi di destinasi wisata tersebut menjadi hal penting untuk menekan penularan covid-19 saat pembukaan perbatasan wilayah itu.

Kurleni juga menyampaikan vaksinasi tidak hanya diperuntukkan bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif semata, tetapi juga masyarakat yang lain. Diharapkan, daerah itu menjadi zona dengan risiko penularan yang rendah.

Kemenparekraf mendorong penerapan sertifikasi CHSE (cleanliness, health, safety, environment/CHSE), baik pada usaha pariwisata, produk, maupun destinasinya. "Namun ada beberapa usaha pendukung yang bukan ranah Kemenparekraf tapi juga perlu menerapkan protokol kesehatan berbasis prinsip CHSE agar wisatawan merasa aman dan nyaman saat menggunakannya," kata Kurleni. (OL-14)

Baca Juga

Dok Youtube Setpres

Sampah yang Dikelola PLN Benowo Mampu Melistriki 5.885 Rumah

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 06 Mei 2021, 22:00 WIB
PSEL Benowo ini termasuk salah satu program pemerintah dalam percepatan Pembangunan Instalasi Pengolah Sampah Menjadi Energi Listrik...
Ist/Kementan

Sebanyak 20 Ribu Ayam Petelur Disalurkan ke Rumah Tangga Miskin

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 06 Mei 2021, 21:42 WIB
Penyaluran ayam petelur tersebut diharap bisa terbangun sumber usaha masyarakat yang memberikan pendapatan dan akhirnya dapat menurunkan...
Antara/Sigid Kurniawan.

Estimasi Harga Vaksinasi Mandiri Rp1 Juta untuk Dua Kali Suntik

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 06 Mei 2021, 21:18 WIB
Mengikuti anjuran pemerintah, Kadin menegaskan akan memprioritaskan vaksinasi mandiri di wilayah zona merah yang memiliki pergerakan warga...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Citarum Mulai Harum

  Sudah tiga tahun Sungai Citarum dikeroyok. Sampah mulai berkurang, air terlihat lebih bersih.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya