Kamis 08 April 2021, 21:56 WIB

Program Lingkungan KNI Raih Penghargaan Indonesia Green Awards

Ghani Nurcahyadi | Ekonomi
Program Lingkungan KNI Raih Penghargaan Indonesia Green Awards

Dok. KNI
Penghargaan Indonesia Green Awards 2021 untuk PT Kaltim Nitrate Indonesia

 

KESADARAN terhadap kelestarian lingkungan hidup perlu menjadi perhatian semua pihak, tak terkecuali korporasi agar tercipta ekosistem lingkungan hidup yang mendukung gaya hidup sehat,. Hal itu juga menjadi perhatian PT. Kaltim Nitrate Indonesia (KNI) dalam program pemberdayaan masyarakatnya.

Dua program KNI dalam pemberdayaan masyarakat di bidang lingkungan, bahkan mendapatkan penghargaan dari The La Tofi School of CSR dalam ajang Indonesia Green Awards 2021. Kedua program itu ialah KSM Anggrek dalam hal pengelolaan sampah plastik dan Laskar Taman Nasional Kutai (Laskar TNK). Penghargaan itu diberikan oleh Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong dan Chariman La Tofi School La Tofi.

Presiden Direktur KNI Mei Suryawan menjelaskan, KSM Anggrek memberikan peningkatan tambahan ekonomi bagi kelompok melalui produksi yang berkelanjutan dan mendorong kemandirian masyarakat. Program itu juga mendukung Peraturan Walikota Bontang Nomor 30 Tahun 2018 tentang Pengurangan Penggunaan Produk Plastik Sekali Pakai.

"Sederhananya, KSM Anggrek mengajak masyarakat untuk berperilaku bijak terhadap lingkungan, salah satunya dengan mengurangi penggunaan sampah plastik," katanya dalam keterangan tertulis.

Sedangkan program Laskar TNK, lanjut Mei, merupakan kolaborasi KNI dengan Balai Taman Nasional Kutai dan Bumi Edukasi. Program itu merupakan bentuk pengembangan dan pengkayaan keanekaragaman hayati di wilayah Taman Nasional Kutai. 

Baca juga : Produsen Benih Sayuran Kembangkan Varietas Khusus Hidroponik

Selain itu, kegiatan kelompok ialah melakukan kegiatan edukasi lingkungan, penanaman mangrove hingga kolaborasi program bersama Yayasan Lindungi Hutan dan startup Jejak.in untuk melakukan pemantauan mangrove secara digital.

"Harapannya, program ini mampu memprovokasi para anak muda untuk mencintai lingkungan, untuk mencintai rumahnya, yaitu alam," ujar Mei.

Mei menambahkan, pihaknya akan selalu berpartifipasi aktif dalam kegiatan community development, termasuk diantaranya ialah kegiatan pelestarian lingkungan, pengembangan keanekaragaman hayati. Selain itu, program yang diimplementasikan KNI juga sejalan dengan Sustainable Development Goal’s. 

"Penghargaan ini merupakan wujud kepedulian PT Kaltim Nitrate Indonesia terhadap keberlangsungan lingkungan, khususnya di wilayah perusahaan beroperasi. Apresiasi ini juga mendorong perusahaan untuk semakin aktif dan inovatif dalam menjalankan program yang berwawasan lingkungan," pungkasnya. (RO/OL-7)

Baca Juga

Antara/Fikri Yusuf

Mudik Dilarang, Prokes Ketat di Tempat Wisata Lokal Disiapkan

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 12 April 2021, 23:04 WIB
"Destinasi lokal akan mendapat limpahan kunjungan. Dengan prokes ketat dan disiplin mereka akan mempertimbangkan destinasi wisata...
Dok. KKP

KKP Tangkap 5 Kapal Ilegal Berbendera Vietnam yang Incar CumiĀ 

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 12 April 2021, 23:01 WIB
Direktur Pemantauan dan Operasi Armada KKP Pung Nugroho Saksono menyampaikan, alat tangkap yang digunakan kelima kapal tersebut berupa...
Antara/Muhammad bagus Khoirunnas

Diseminasi Fakta Objektif Kelapa Sawit, BPBPKS Jalin Kolaborasi

👤Despian Nurhidayat 🕔Senin 12 April 2021, 22:07 WIB
Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) menggandeng Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) untuk mendiseminasikan fakta...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Modal Bikin Bank Baru kian Besar

 Di ketentuan RPOJK Bank Umum, bagi perbankan yang baru mau berdiri, diwajibkan memenuhi modal inti Rp10 triliun, termasuk untuk pendirian bank digital.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya