Kamis 08 April 2021, 18:34 WIB

Sandiaga: 163 Ribu Pelaku Parekraf sudah Divaksinasi Covid-19

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Sandiaga: 163 Ribu Pelaku Parekraf sudah Divaksinasi Covid-19

MI/Agus Mulyawan.
Presiden Joko Widodo menghadiri vaksinasi massal di Puri Saren Agung, Ubud, Gianyar, Bali, Selasa (16/3).

 

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menuturkan ratusan ribu pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) di Bali sudah disuntik vaksin covid-19.

Dia mengaku bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan terus berupaya untuk memberikan hak kepada para pelaku parekraf untuk mendapatkan vaksin sebagai bentuk dukungan terhadap pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Kami berharap para pelaku parekraf bisa divaksin sebelum Juni 2021. Di Bali misalnya hingga 7 April total sudah 163.901 pelaku parekraf yang divaksin," ungkapnya dalam keterangannya, Kamis (8/4).

Menurutnya, sama penting dengan vaksinasi, para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif juga diminta harus tetap menerapkan protokol kesehatan yaitu cleanliness, health, safety, and environmental sustainability (CHSE). Selain itu, untuk mempercepat pemulihan sektor parekraf, saat ini sudah ada 5.863 usaha pariwisata tersertifikasi CHSE dari 34 provinsi dan 357 kabupaten/kota.

Sandiaga menjanjikan membantu pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif terkait sertifikasi CHSE sehingga kepercayaan masyarakat saat pergi wisata di tengah pandemi kembali tinggi. "Dengan kerja sama yang baik antarberbagai pihak, pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia dapat berjalan lebih cepat. Misal di Bali sudah ada 976 usaha pariwisata yang mendapat sertifikasi CHSE," kata mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Sebanyak 976 sertifikasi CHSE terdiri dari 528 hotel, 178 restoran, 215 akomodasi pariwisata, 1 operator rafting, 11 operator selam, dan 2 pengelola lapangan golf. (OL-14)

Baca Juga

Dok Instagram @sejiwa_cuisine

Tips Memulai Bisnis Kuliner dan Jamu Kekinian

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 22 April 2021, 00:59 WIB
Setiap pe.bisnis punya resep masing-masing untuk memulai usaha dan merengkuh sukses misalnya mampu memasarkan produknya seluas mungkin ke...
foodal.com

Sulawesi Tenggara Ekspor Perdana 26 Ton Pala ke Tiongkok

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 21 April 2021, 23:55 WIB
Sultra adalah salah satu daerah penghasil pala di Indonesia, dan pala yang dihasilkan oleh para petani selama ini banyak dipasarkan ke...
Ist

BPJAMSOSTEK Realisasikan Manfaat Beasiswa Rp174 Juta untuk 2 Anak

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 21 April 2021, 22:35 WIB
Permenaker No 5 Tahun 2021 mengatur teknis pelaksanaan pemberian manfaat program JKK, JKM, dan JHT, dengan salah satunya adalah...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Jejak Herbal Cagar Biosfer

Lingkungan alam di Malang menunjang pembudidayaan tanaman obat. Ada sejarah panjang yang melingkupinya

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya