Kamis 08 April 2021, 18:34 WIB

Sandiaga: 163 Ribu Pelaku Parekraf sudah Divaksinasi Covid-19

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Sandiaga: 163 Ribu Pelaku Parekraf sudah Divaksinasi Covid-19

MI/Agus Mulyawan.
Presiden Joko Widodo menghadiri vaksinasi massal di Puri Saren Agung, Ubud, Gianyar, Bali, Selasa (16/3).

 

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menuturkan ratusan ribu pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) di Bali sudah disuntik vaksin covid-19.

Dia mengaku bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan terus berupaya untuk memberikan hak kepada para pelaku parekraf untuk mendapatkan vaksin sebagai bentuk dukungan terhadap pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Kami berharap para pelaku parekraf bisa divaksin sebelum Juni 2021. Di Bali misalnya hingga 7 April total sudah 163.901 pelaku parekraf yang divaksin," ungkapnya dalam keterangannya, Kamis (8/4).

Menurutnya, sama penting dengan vaksinasi, para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif juga diminta harus tetap menerapkan protokol kesehatan yaitu cleanliness, health, safety, and environmental sustainability (CHSE). Selain itu, untuk mempercepat pemulihan sektor parekraf, saat ini sudah ada 5.863 usaha pariwisata tersertifikasi CHSE dari 34 provinsi dan 357 kabupaten/kota.

Sandiaga menjanjikan membantu pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif terkait sertifikasi CHSE sehingga kepercayaan masyarakat saat pergi wisata di tengah pandemi kembali tinggi. "Dengan kerja sama yang baik antarberbagai pihak, pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia dapat berjalan lebih cepat. Misal di Bali sudah ada 976 usaha pariwisata yang mendapat sertifikasi CHSE," kata mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Sebanyak 976 sertifikasi CHSE terdiri dari 528 hotel, 178 restoran, 215 akomodasi pariwisata, 1 operator rafting, 11 operator selam, dan 2 pengelola lapangan golf. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Ampelsa

Tol Laut Program Jokowi di Tangan Dirjen Hubla Terus Berprogres

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 17 April 2021, 11:06 WIB
Ditjen Hubla, Kementerian Perhubungan, terus melakukan optimalisasi dan akselerasi program tol laut dengan cara menambah trayek...
Dok.MI

Indef: Serapan Tenaga Kerja PKT PUPR Harus Lebih Maksimal

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Sabtu 17 April 2021, 03:05 WIB
Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang mencatat bahwa angka yang dirumahkan, bukan angkatan kerja, pengurangan jam kerja, dan...
MI/Andri Widiyanto

Mendag Sebut Kinerja Ekspor Maret 2021 Tertinggi Sepanjang Sejarah

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Jumat 16 April 2021, 22:07 WIB
Pernyataannya itu menyusul laporan Badan Pusat Statistik (BPS), Kamis (15/4) yang menyatakan total nilai ekspor Indonesia pada Maret 2021...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya