Selasa 06 April 2021, 21:01 WIB

Sandiga Dorong Kemudahan Berwisata bagi Kaum Difabel

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Sandiga Dorong Kemudahan Berwisata bagi Kaum Difabel

Antara
Sandiaga Uno

 

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menegaskan, para penyandang disabilitas memiliki hak yang setara. Ia mendorong fasilitas bagi kaum difabel diberi kemudahan dalam berwisata.

Sandiaga meminta para pengelola destinasi wisata untuk meningkatkan awareness atau kesadaran dalam menyiapkan segala aspek dalam pengembangan destinasi wisata.

“Dari segi infrastruktur semua harus diperbaiki, begitu pun dengan amenitas, khususnya fasilitas seperti toilet untuk penyandang disabilitas. Begitupun dengan atraksi wisatanya," kata Sandiaga dalam keterangannya, Selasa (6/4).

Saat melakukan kunjungan kerja ke Banten, pada hari ini, Kemenparekraf menyebut, sekitar 3.989 penyandang disabilitas tinggal di daerah tersebut.

Sandiaga mengaku bakal memberi perhatian kepada para penyandang disabilitas agar mendapatkan hak yang sama dalam berwisata atau terjun dalam bisnis ekonomi kreatif.

"Termasuk juga pembukaan lapangan kerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif untuk para penyandang disabilitas," ucap Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

"Sesuai dengan UU Nomor 8 tahun 2016, target 1 sampai 2 persen dari penyandang disabilitas diberikan lapangan pekerjaan yang berkualitas pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” pungkasnya.

Di satu sisi, Sandiaga mendorong pengelola menyiapkan tempat wisata tersebut untuk menerima para wisatawan di tengah rencana larangan mudik lebaran pada Mei. (OL-8)

 

Baca Juga

Antara

Erick : Restrukturisasi Bisnis Bikin BUMN Buntung Jadi Untung

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 23:41 WIB
Dia menyebut telah memangkas jumlah perusahaan BUMN dari sebelumnya 142 perusahaan menjadi hanya...
AFP/Andy Buchanan.

Saudi Luncurkan Daerah Wisata Lepas Pantai Pertama di Dunia

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 23:15 WIB
Rig ialah proyek di sektor pariwisata dan hiburan, salah satu sektor strategis utama PIF, dan diharapkan dapat memberikan nilai tambah yang...
Dok Kementeriqn Luar Negeri

Forum Bisnis RI-Amerika Latin Raup Transaksi Rp1,23 Triliun

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 23:03 WIB
Terdiri dari transaksi dagang yang telah disepakati sebesar US$19,08 juta atau Rp268 miliar dan komitmen dagang US$68,88...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mengenal Skandal Menghebohkan Pandora Papers

Rahasia kekayaan para elite kaya yang berasal dari 200 negara dan wilayah di dunia terungkap melalui dokumen Pandora Papers

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya