Selasa 06 April 2021, 19:23 WIB

Kementan Maksimalkan Lahan di Dadahup Dukung Food Estate

mediaindonesia.com | Ekonomi
 

SALAH satu lokasi food estate Kalimantan Tengah ada di Desa Bentuk Jaya (Blok A5), Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas. Luas lahan di Kecamatan Dadahup sendiri mencapai 2.000 ha. Sedangkan lahan untuk Food Estate di Blok A5 seluas 1.000 ha. 

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, di tahun 2021 ini Kementerian Pertanian akan terus berusaha melakukan penambahan lahan food estate.

"Dengan food estate, kita ingin menjaga ketahanan pangan. Oleh karena itu, di tahun 2021 kita akan upayakan penambahan luas lahan food estate. Tentu kita cari lahan yang sesuai kriteria dan bisa mendukung peningkatan produktivitas," katanya, Selasa (6/4/2021). 

Sementara Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian, Sarwo Edhy, memperjelas mengenai hal tersebut.

"Pada lokasi food estate di Desa Bentuk Jaya (blok A5), saat ini telah dilakukan dan terus bertambah luasan lahan yang ditanami padi yaitu di lokasi yang kondisi ketinggian air di lahan telah memungkinkan untuk budidaya padi," katanya.

Sarwo Edhy menambahkan, sejalan dengan itu, Kementerian PUPR juga terus melakukan penataan infrastruktur irigasi berupa rehabilitasi jaringan dan konstruksi bangunan pada Daerah Irigasi Rawa Dadahup untuk dapat mengelola tata air dengan lebih terkontrol.

"Sinergi Kementerian Pertanian dan Kementerian PUPR dalam hal penataan lahan dan budidaya serta penataan pengairan akan meningkatkan optimasi pemanfaatan lahan pertanian dan pengaturan air irigasi untuk mencapai luasan tanam dan produksi padi pada keseluruhan lahan food estate." ujarnya. (RO/OL-10)

Baca Juga

foodal.com

Sulawesi Tenggara Ekspor Perdana 26 Ton Pala ke Tiongkok

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 21 April 2021, 23:55 WIB
Sultra adalah salah satu daerah penghasil pala di Indonesia, dan pala yang dihasilkan oleh para petani selama ini banyak dipasarkan ke...
Ist

BPJAMSOSTEK Realisasikan Manfaat Beasiswa Rp174 Juta untuk 2 Anak

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 21 April 2021, 22:35 WIB
Permenaker No 5 Tahun 2021 mengatur teknis pelaksanaan pemberian manfaat program JKK, JKM, dan JHT, dengan salah satunya adalah...
sanmarcosrecord.com

14,5 Ton Semangka Diekspor ke Uni Emirat Arab

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 21 April 2021, 22:28 WIB
Ekonomi Indonesia harus tumbuh tiga kali lipat GDP per kapita hingga tahun 2038. Jika tidak, Indonesia akan terperangkap dengan jebakan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Jejak Herbal Cagar Biosfer

Lingkungan alam di Malang menunjang pembudidayaan tanaman obat. Ada sejarah panjang yang melingkupinya

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya