Kamis 01 April 2021, 13:42 WIB

Harga Mobil Turunkan Inflasi Inti

M Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
Harga Mobil Turunkan Inflasi Inti

MI/Fransisco Carollio.
Sejumlah mobil yang dipajang di Bursa mobil bekas Blok M, Jakarta, beberapa waktu lalu.

 

PENURUNAN harga mobil memberi dampak signifikan pada turunnya tingkat inflasi inti Maret 2021. Tercatat inflasi inti pada Maret 2021 tumbuh negatif 0,03%, jauh dari inflasi Februari 2021 yang tumbuh positif 0,11% dan Januari 2021 sebesar 0,14%.

"Andil penurunan inflasi inti ini salah satunya karena deflasi pada pembelian mobil dan emas perhiasan," tutur Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik (BPS) Setianto dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (1/4). Pembelian kendaraan bermotor merupakan subkelompok dari kelompok pengeluaran transportasi yang pada Maret 2021 tercatat mengalami deflasi 0,25%.

Dari kelompok pengeluaran tersebut, ada empat subkelompok yang dua di antaranya mengalami inflasi, yakni pengoperasian peralatan transportasi 0,02% dan jasa pengiriman barang 0,01%. Sedangkan subkelompok pembelian kendaraan tercatat mengalami deflasi 1,02%.

Deflasi juga terjadi pada subkelompok jasa angkutan penumpang yang tercatat 0,10%. Setianto bilang, deflasi pada subkelompok pembelian kendaraan merupakan dampak dari kebijakan insentif Pajak Pertambahan Nilai Barang Mewah (PPnBM) kendaraan bermotor yang dirilis pada 1 Maret 2021.

“Dari data lapangan yang kami tangkap, memang di Maret ini terjadi penurunan harga mobil. Terjadi penurunan untuk mobil sekelas 1.500 cc dan beberapa wilayah juga mengalami penurunan,” terangnya.

Kebijakan insentif PPnBM kendaraan bermotor diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) 20/PMK.010/2021 tentang Pajak Penjualan Atas Barang Mewah Atas Penyerahan Barang Kena Pajak Yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor Tertentu Yang Ditanggung Pemerintah Tahun Anggaran 2021 yang juga didukung oleh Keputusan Menteri Perindustrian 169/2021 tentang Kendaraan Bermotor Dengan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah Atas Penyerahan Barang Kena Pajak Yang Tergolong Mewah Ditanggung Oleh Pemerintah Pada Tahun Anggaran 2021.

"Tentu hal ini berdampak pada harga mobil baru di beberapa kota. Dari 90 kota IHK (Indeks Harga Konsumen) yang dipantau oleh BPS, ada 46 kota yang terjadi penurunan harga mobil. Yang tertinggi ada di Manado," terang Setianto. (OL-14)

Baca Juga

Dok. Kementerian ATR/BPN

Kementerian ATR/BPN Gelar Sosialiasi PP Turunan UU Cipta Kerja Bidang Pengendalian Fungsi Tanah dan Ruang 

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 00:11 WIB
Direktorat Jenderal Pengendalian dan Penertiban Tanah dan Ruang (Ditjen PPTR) membawahi beberapa PP, yaitu PP Nomor 18 Tahun 2021 tentang...
Dok. Kemendag

UKM Binaan ECP Kemendag Sukses Perluas Pasar Ekspor Furniture ke UEA 

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Jumat 15 Oktober 2021, 23:52 WIB
CV Mebel Internasional merupakan peserta ECP untuk wilayah Jawa Tengah yang berhasil mendapatkan permintaan dari UEA dengan memanfaatkan...
Dok. Diamondland

Ikut Bantu Pencapaian Herd Immunity dan Pemulihan Ekonomi, Diamonland Gelar Vaksinasi Massal 

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Jumat 15 Oktober 2021, 23:06 WIB
Kegiatan itu merupakan bentuk tanggung jawab sosial dalam menyukseskan pencapaian herd immunity melalui vaksinasi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Risma Marah dan Gaya Kepemimpinan Lokal

ika melihat cara Risma marah di Gorontalo, hal itu tidak terlalu pas dengan norma, etika, dan kebiasaan di masyarakat.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya