Senin 29 Maret 2021, 13:08 WIB

Dirut Pertamina: Tangki BBM yang Terbakar, Stok Nasional Aman

Fetry Wuryasti | Ekonomi
Dirut Pertamina: Tangki BBM yang Terbakar, Stok Nasional Aman

MI/Haryanto
Ilustrasi stok BBM

 

DIREKTUR Utama PT Pertamina Nicke Widyawati menekankan yang terbakar bukan kilang melainkan storage atau tangki bbm untuk menyimpan produk di area kilang. Sedangkan processing plant, fasilitas lain dan alat utilitynya aman. Dengan begitu, pasokan bahan bakar yang bersumber dari Kilang Pertamina Balongan, Indramayu tetap tercukupi

"Kami akan fokus pada penanganan insidennya harus bisa memadamkan api. Kami pastikan api terlokalisasi. Begitu api padam, kondisi sudah aman, kilang bisa kami operasikan kembali," kata Nicke dalam konferensi pers virtual, Senin (29/3).

Storage di samping tempat penyimpanan yang terbakar, masih ada tangki-tangki lain dengan kapsitas yang sama sehingga bisa digunakan. Tidak ada kendala signifikan untuk pasokan BBM yang diproduksi di Balongan.

Direktur Logistik, Supply Chain, dan Infrastruktur PT Pertamina (Persero) Mulyono mengatakan pemadaman akan dilakukan selama 4-5 hari. Selagi normal shutdown dilakukan, Pertamina memperkirakan kehilangan produksi sekitar 400 ribu barel.

Kehilangan ini akan dipasok dari kilang Cilacap yang bisa dinaikan produksinya sampai 300 ribu barel, untuk kemudian didistribusikan via laut ke terminal BBM Plumpang Tanjung Priok. Lalu, kilang PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) juga bisa memproduksi sampai 500 ribu barel dan disalurkan melalui terminal BBM Balongan.

"Kami sampaikan kondisi stok nasional sangat aman dan berlebih," kata Mulyono.

Baca juga: Polri Selidiki Penyebab Kebakaran Kilang Pertamina Balongan

Stok gasoline sekitar 10,5 juta barel cukup untuk 27-28 hari ke depan. Sebab pemakaian per hari nasional gasoline sekitar 62,5 ribu kilo liter per hari. Pasokan solar juga tersedia 8,8 juta barel cukup untuk sekitar 20 hari ke depan. Stok Avtur juga sangat cukup 3,2 juta barel atau 74 hari konsumsi.

Terminal BBM Balongan selama ini memasok ke daerah sekitar balongan, Cikampek dan Plumpang.

"Untuk Plumpang, karena disuplai lewat pipa stoknya tidak terlalu tinggi dan setiap saat bisa dipompa. Gasoline masih tersedia untuk 12-13 hari, untuk terminal bbm Cikampek masih bisa sampai 12-13 hari, dan stok Balongan masih aman sampai 20 hari," ucap Mulyono.(OL-5)

Baca Juga

Ist/Kementan

Komisi IV DPR Dukung Kementan Perluas Subtitusi Pangan Lokal

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 17:48 WIB
Anggota Komisi IV DPR RI, Muhammad Syafrudin merespoms positif upaya Kementerian Pertanian (Kementan) dalam meningkatkan perluasan...
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah

Pertamina Pastikan Stok BBM Subsidi Masih Dalam Posisi Aman

👤Despian Nurhidayat 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 17:04 WIB
Stok BBM subsidi per 13 Agustus 2022 untuk Pertalite berada di level 17 hari dan Solar di level 19...
Dok Pribadi

DPR Tinjau Pembangunan Perbatasan Indonesia-Malaysia

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 16:05 WIB
“Kawasan pos lintas batas negara (PLBN) merupakan gerbang terdepan wajah Indoneia, karena itu harus menjadi episentrum pengembangan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya