Jumat 19 Maret 2021, 22:59 WIB

Start-up Pembayaran Raih Berkah dari Maraknya E-commerce

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Start-up Pembayaran Raih Berkah dari Maraknya E-commerce

AFP/Jacques Demarthon.
Logo Stripe.

 

START-UP di industri pembayaran digital sedikit dikenal sebelum pandemi. Kini mereka berkembang dan bernilai tinggi karena covid-19 telah memaksa orang untuk semakin merangkul e-commerce.

Belanja online, pembaca kartu nirkontak, dan pembayaran seluler bukanlah hal baru. Akan tetapi penguncian (lockdown) dan ketakutan penularan covid-19 mengubah perilaku konsumen selama pandemi.

"Tahun lalu sangat mempercepat pergeseran preferensi konsumen ke pembayaran elektronik dan belanja online," kata Marc-Henri Desportes, Wakil CEO Worldline, perusahaan pemrosesan pembayaran dan transaksi Prancis.

Ia mencontohkan tiga start-up yaitu Stripe, SumUp, dan Pledg yang mendapatkan keuntungan dari perubahan itu. Didirikan oleh dua bersaudara Irlandia pada 2011, Stripe maju ke garis depan setelah valuasinya melonjak menjadi US$95 miliar dalam seminggu terakhir, hampir tiga kali lipat sejak tahun lalu.

Masih ada jalan panjang untuk mengejar peluang itu seperti Mastercard yang bernilai di atas US$300 miliar. Perusahaan pemrosesan pembayaran yang berbasis di California tersebut mencapai penilaian baru setelah mengumpulkan US$$600 juta dana dari investor akhir pekan lalu.

Pada Selasa, start-up Inggris SumUp yang menyediakan terminal pembayaran kartu dan layanan online sukses mengumpulkan dana 750 juta euro. Pada hari yang sama, start-up yang berbasis di Paris, Pledg, dengan spesialisasi pembayaran cicilan, mengumpulkan 80 juta euro.

"Kita telah melakukan transformasi dalam satu tahun. Padahal dalam waktu normal, hal tersebut membutuhkan waktu tiga atau lima tahun," kata Desportes. (AFP/OL-14)

Baca Juga

Antara

Menhub Dorong Perusahaan Produksi Kendaraan Berbasis Motor Listrik

👤Ant 🕔Minggu 23 Januari 2022, 23:24 WIB
Kemenhub juga mendorong penyedia jasa kendaraan untuk publik menggunakan kendaraan...
DOK Pribadi.

2022 Diyakini sebagai Tahun Kebangkitan Properti

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 23 Januari 2022, 23:16 WIB
Pasalnya, Jakarta tetap akan menjadi pusat ekonomi dan bisnis. Apalagi pembangunan infrastruktur tetap berjalan seperti kereta cepat, MRT,...
Antara/Dhemas Reviyanto

Aliran Keluar Modal Asing dari Indonesia DIprediksi Hanya Berlangsung Singkat 

👤Despian Nurhidayat 🕔Minggu 23 Januari 2022, 21:30 WIB
Lebih lanjut, Josua menjelaskan, aliran modal asing yang keluar secara khusus berlangsung di pasar SBN, mengingat di pasar saham masih...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya