Minggu 14 Maret 2021, 09:32 WIB

Sandiaga: Keputusan Akhir Pembukaan Event Ada Di Tangan Pemda

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Sandiaga:  Keputusan Akhir Pembukaan Event Ada Di Tangan Pemda

Dok Instagram Sandiaga Uno
Menparekraf Sandiaga Uno bertemu dengan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen di Semarang, Sabtu (13/3/2021)

 

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menuturkan, sesuai arahan Presiden Joko Widodo, dalam pembukaan destinasi wisata, termasuk event seperti olahraga hingga konser musik ada di tangan pemerintah daerah (pemda). Hal itu disampaikan Menparekraf saat melakukan pertemuan dengan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen Sabtu (13/3).

"Keputusan akhir soal pembukaan destinasi ada di tangan (pemerintah) daerah. Kami hanya memberikan sinyal, selama zonanya mengizinkan (zona hijau) dan protokol kesehatan sangat ketat, maka monggo (silakan). Aktivitas pariwisata, seperti event terutama bisa dilakukan," ungkap Sandiaga dalam keterangannya yang dikutip Minggu (14/3).

Ia memberi contoh, pihaknya telah menghubungi dengan Pemerintah Kota Solo untuk rencana membuka kembali bioskop melalui gerakan "Kembali ke Bioskop".

"Pemerintah Kota Solo akan memfasilitasi dan dalam waktu beberapa minggu ke depan kita akan inisiasi," kata mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Sebelumnya, kepastian soal pembukaan event yang akan dibuka dalam waktu dekat diutarakan Sandiaga usai bertemu Kepala Kepolisian RI (Kapolri) Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 ProfnWiku Adisasmito, perwakilan Kementerian Kesehatan pada Senin (8/3) terkait rencana tersebut.

Kemudian, dari sisi ekonomi kreatif, Menparekraf mengaku akan memberikan dukungan dan pendampingan bagi pelaku sektor tersebut agar dapat memberikan nilai tambah pada produk. Seperti pendampingan dalam penggunaan teknologi, termasuk akses terhadap pasar dan permodalan.

baca juga: Penataan Akses Kawasan DPSP Borobudur Selesai 2021

Secara khusus, Sandiaga juga mendorong kemudahan sertifikasi halal bagi produk ekonomi kreatif. Ia menyebut, banyak produk yang berkualitas namun dianggap memiliki tantangan mendapatkan sertifikasi halal.

"Bersama kami berkolaborasi untuk mendorong lebih banyak UMKM yang mendapat sertifikasi halal dan ikut teradopsi teknologi, terutama teknologi digital dan ecommerce," kata Sandiaga.

Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, menyambut baik dukungan dan rencana kerja sama antara Pemprov Jawa Tengah dengan Kemenparekraf.

"Kita sudah bicara banyak hal, dan Insyaallah kita sepakat dari Pemerintah Provinsi dan Kemenparekraf untuk mendorong UMKM dan industri pariwisata," pungkas Yasin. (OL-3)
 

Baca Juga

Dok WMKB

One Avenue Batam Masuk dalam 29 Karya Properti Terbaik Indonesia

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 04:30 WIB
Minat masyarakat berinvestasi properti secara perlahan mulai ke arah positif, tak terkecuali di Kota...
Antara/Galih Pradipta

Pandemi Hadirkan Peluang Indonesia untuk Memperkuat Regulasi Sektor Ekonomi 

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 01:39 WIB
"Kami, di Kementerian Investasi, menganggap pandemi ini sebagai peluang di tengah tantangan. Kenapa saya katakan sebagai peluang, yang...
Dok. pribadi

Golden Property Awards 2021 Jadi Bukti Ketangguhan Pelaku Industri Properti di Masa Pandemi 

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 23:08 WIB
Golden Property Awards (GPA) hadir sebagai sebuah ajang penghargaan yang diselenggarakan secara independen, dengan metode penilaian...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Sukses PON Papua 2021 Pemerataan Pembinaan di Seluruh Pelosok Negeri

Sukses prestasi ditandai dengan tercipta banyak rekor meski penyelenggaraan multiajang olahraga terakbar Tanah Air itu digelar di masa pandemi covid-19.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya