Rabu 10 Maret 2021, 19:35 WIB

Gibran Optimistis Produk UMKM Mampu Bersaing dengan Produk Impor

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Gibran Optimistis Produk UMKM Mampu Bersaing dengan Produk Impor

Antara
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka.

 

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka optimistis produk lokal buatan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) akan mampu bersaing dengan produk luar negeri yang diimpor ke Indonesia.

"Produk-produk lokal kita ini bagus-bagus semua, kita lihat alumni BLK ada yang bisa bikin jamu, menggabungkan jamu dengan kopi, selain itu juga produk-produk fashionnya," katanya usai mendampingi Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziah berkunjung ke Balai Latihan Kerja (BLK) Surakarta di Solo, Rabu (10/3).

Disinggung mengenai pernyataan Presiden Joko Widodo terkait benci produk asing, dikatakannya, sebetulnya produk buatan anak negeri sudah cukup baik untuk bersaing dengan produk luar. "Cuma perlu intervensi dari pemerintah masalah 'branding' dan 'packaging', akan segera kami lakukan termasuk pendampingan UMKM, semuanya nanti kami dampingi. Saya yakin produk kita sangat bisa bersaing dengan produk luar," katanya.

Ia mengatakan Pemerintah Kota Surakarta terus mendorong pemulihan ekonomi, salah satunya dengan mempercepat vaksinasi untuk memastikan masyarakat lebih terlindungi dari Covid-19 sehingga aktivitas bisa kembali pulih.

Menurut dia, dengan kondisi masyarakat yang sehat maka ekonominya akan makin kuat. Dengan demikian, diharapkan pula angka pengangguran juga dapat lebih ditekan. "Saya setiap hari bicara masalah pemulihan ekonomi, makanya kebut dulu vaksinasinya. Nanti paralel dengan itu kami perbanyak lagi 'innovation room', 'co-working space', inkubasi, aselelator, 'public space' terutama yang anak muda," katanya.

Ia juga meminta pelaku UMKM untuk mau tidak mau segera melakukan proses digitalisasi sehingga bisa melakukan ekspansi pasar yang lebih luas lagi. "Itu tadi 'packaging', 'branding', dan pemasaran, saya yakin Solo mampu bersaing dengan produk luar," katanya. (Ant/OL-12)

Baca Juga

Dok. PT Hyundai Motor Indonesia

Kang Emil: April 2022 Mobil Listrik Sudah Diproduksi di Karawang

👤Despian Nurhidayat 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 13:01 WIB
Mobil listrik tersebut akan diproduksi di Karawang yang dilakukan oleh perusahaan mobil asal Korea Selatan yakni...
Biro Pers Sekretariat Presiden

Pandemi Terkendali, Indonesia Siap Hidupkan Lagi Perdagangan Global

👤Fetry Wuryasti/Dhika Kusuma Winata 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 13:00 WIB
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengatakan dengan kondisi pandemi covid-19 mulai bisa dikendalikan dengan baik, kerja sama...
DOK Hipmi Jaya.

HIPMI Jaya Dorong Anggotanya Berorientasi Ekspor

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 12:41 WIB
Kini sudah ada 28 perusahaan atau sudah jauh meningkat dibandingkan awal penyelenggaraan TEI 2017 yang diikuti 10...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menolakkan Ancaman Kemiskinan Ekstrem

Pemerintah perlu memastikan seluruh program penanggulangan kemiskinan ekstrem diterima rumah tangga miskin ekstrem yang ada di wilayah prioritas.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya