Kamis 25 Februari 2021, 23:33 WIB

259 Ton Udang Vaname Sulteng Diekspor ke Jepang

Mediaindonesia.com | Ekonomi
259 Ton Udang Vaname Sulteng Diekspor ke Jepang

ANTARA FOTO/Moch Asim
Udang vaname.

 

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Disperindag Provinsi Sulawesi Tenggara menyebutkan sepanjang tahun 2020 telah mengekspor udang vaname sebanyak 259,39 ton ke negara tujuan Jepang dengan nilai Rp28,58 miliar.

"Negara Jepang merupakan negara yang menjadi tujuan utama ekspor udang vaname selama beberapa tahun terakhir," kata Kepala Dinas Deperindag Sultra, Sitti Saleha, di Kendari, Kamis (25/2).

Ia mengatakan, volume ekspor udang vaname tahun 2020 mengalami penurunan dari pada volume ekspor udang vaname tahun 2019 yang mencapai 285,66 ton senilai Rp29,03 miliar.

"Ada penurunan volume ekspor udang vaname pada 2020 dibanding 2019, tetapi tidak terlalu signifikan ini artinya bahwa pandemi COVID yang melanda dunia termasuk negara ini tidak terlalu mempengaruhi terhadap kinerja ekspor perikanan khususnya pada budidaya udang vaname," katanya.

Pemerintah daerah kata Sitti Saleha, terus mendorong para pengusaha untuk melakukan ekspor langsung ke luar negeri memanfaatkan Pelabuhan Kendari New Port atau melalui Bandara Haluoleo Kendari.

"Tdak bisa dipungkiri bahwa masih banyak hasil produksi budidaya perikanan udang vaname yang di antarpulaukan lalu di ekspor, sehingga tidak tercatat sebagai ekspor Sultra," katanya.

Menurut Saleha, butuh keterpaduan atau sinergutas berbagai elemen untuk meningkatkan ekspor, khususnya budidaya perikanan udang vaname.

"Dinas Kelautan dan Perikanan harus terus mendorong para pembudidaya udang vaname untuk meningkatkan produksinya dengan berbagai program dan stimulus pemerintah. Kemudian kami mendorong para pengusaha melakukan ekspor langsung dari Kendari," katanya. (Ant/OL-12)

Baca Juga

Antara/Fikri Yusuf

Mudik Dilarang, Prokes Ketat di Tempat Wisata Lokal Disiapkan

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 12 April 2021, 23:04 WIB
"Destinasi lokal akan mendapat limpahan kunjungan. Dengan prokes ketat dan disiplin mereka akan mempertimbangkan destinasi wisata...
Dok. KKP

KKP Tangkap 5 Kapal Ilegal Berbendera Vietnam yang Incar Cumi 

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 12 April 2021, 23:01 WIB
Direktur Pemantauan dan Operasi Armada KKP Pung Nugroho Saksono menyampaikan, alat tangkap yang digunakan kelima kapal tersebut berupa...
Antara/Muhammad bagus Khoirunnas

Diseminasi Fakta Objektif Kelapa Sawit, BPBPKS Jalin Kolaborasi

👤Despian Nurhidayat 🕔Senin 12 April 2021, 22:07 WIB
Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) menggandeng Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) untuk mendiseminasikan fakta...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya