Selasa 23 Februari 2021, 19:25 WIB

Tabungan Emas semakin Diminati

mediaindonesia.com | Ekonomi
Tabungan Emas semakin Diminati

DOK PEGADAIAN

 

SEJAK diluncurkan pada 2015, layanan Tabungan Emas dari Pegadaian semakin diminati masyarakat. Hingga 31 Desember 2020, jumlah nasabah yang menabung emas di Pegadaian mencapai 7,18 juta.

Menurut Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk Pegadaian Harianto Widodo, hal itu tak lepas dari keyakinan tradisional masyarakat untuk menjadikan emas sebagai sarana lindung nilai (hedging). Terlebih, layanan Tabung­an Emas terbilang baru di ­Indonesia.

“Secara jangka panjang, nilai aset emas terjaga. Jadi itu kenapa masyarakat lebih mudah memahami bahwa investasi emas itu alat lin­dung nilai dari kekayaan mereka. Karena mereka juga merasakan, emas 10 tahun lalu harganya berapa, sekarang berapa,” kata Harianto dalam wawancara virtual dengan Media Indonesia, Senin (22/2).

Di samping itu, Tabungan Emas memiliki berbagai kelebihan. Antara lain bunga dari produk turunannya, yakni Gadai Tabungan Emas, lebih murah jika dibandingkan dengan gadai konvensional.

Apalagi, saat ini masyarakat bisa menggadaikan Tabungan Emas melalui platform aplikasi tanpa harus datang ke cabang dan langsung bisa dicairkan di rekening bank yang sudah didaftarkan.

“Harapannya masyarakat dapat menikmati kemudahan dengan harga yang lebih murah,” ujar Harianto.

Menurutnya, masyarakat sudah bisa membuka Tabungan Emas hanya dengan Rp50 ribu. Sementara nilai transaksinya mulai 1/100 gram. “Kalau nantinya masyarakat ingin mencetak, apakah dalam 2 gram, 5 gram, 10 gram, setelah terakumulasi, maka nasabah dengan mudah untuk meng-order untuk dicetak, baik di loket kami maupun secara digital,” jelasnya.

Pembukaan Tabungan Emas di Pegadaian, lanjut Harianto, sangat sederhana. Selain datang ke outlet, masyarakat juga dapat mengakses melalui Aplikasi Pegadaian Digital.

Berbagai verifikasi pun akan dilakukan di aplikasi tersebut. “Dan itu sudah terhubung dengan Dukcapil, bahkan sudah (dilengkapi fitur) face recognition (pe­ngenalan wajah),” tuturnya.

Selain Tahungan Emas, produk investasi emas lainnya adalah kepemilikan emas batangan dengan cara pembiayaan.

Dalam hal ini, nasabah dapat langsung datang ke loket atau melalui aplikasi untuk membeli emas batangan. Nasabah dapat menentukan berapa besaran emasnya dan akan diangsur berapa lama.

Di sisi lain, Pegadaian menjamin keamanan Tabung­an Emas milik masyarakat. Menurut ­Harianto, emas yang ada di Pegadaian disimpan di suatu tempat dengan sistem pengamanan berlapis dan diasuransikan. (Ifa/S2-25)

Baca Juga

AFP/Spencer Platt.

Kenaikan Imbal Hasil Obligasi AS Cemaskan Negara Berkembang

👤 Fetry Wuryasti 🕔Sabtu 27 Februari 2021, 03:20 WIB
Yang diinginkan pelaku pasar dan investor yaitu The Fed harus mengintervensi untuk menjaga imbal hasil untuk tetap...
MI/Usman Iskandar.

Biayai Infrastruktur, Penawaran Sukuk Negara Ritel SR014 Dibuka

👤Despian Nurhidayat 🕔Sabtu 27 Februari 2021, 01:25 WIB
Investor dapat membeli SR014 dengan nominal minimum Rp1 juta dan pembelian maksimum sebesar Rp3...
 AFP/Ronny Hartmann.

VW Harap Ada Lonjakan Pendapatan pada 2021

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 26 Februari 2021, 23:38 WIB
VW mengatakan perusahaan telah terpukul parah oleh penguncian global pada awal...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya