Senin 22 Februari 2021, 17:31 WIB

Bank BJB Terus Perluas Layanan Transaksi Digital

Bayu Anggoro | Ekonomi
Bank BJB Terus Perluas Layanan Transaksi Digital

Ist/Bank BJB
Direktur Information Technology, Treasury & International Banking Bank BJB Rio Lanasier.

 

FOTO : Direktur Information Technology, Treasury & International Banking Bank BJB Rio Lanasier saat perjanjian penerapan teknologi pembayaran quick response code Indonesian standard (QRIS) di Cibadak Culinary Night Festival, di Bandung, Senin (22/2)

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

BANK BJB terus memperluas layanan transaksi digital. Salah satunya dengan menerapkan teknologi pembayaran quick response code Indonesian standard (QRIS) di Cibadak Culinary Night Festival, salah satu ikon kuliner paling populer di Kota Bandung.

Dengan menggandeng mitra para pelaku usaha, merchant-merchant di kawasan kuliner Cibadak menerapkan teknologi pembayaran QRIS untuk mendukung model transaksi nontunai.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary Bank BJB Widi Hartoto mengatakan, kerja sama penerapan QRIS ini dilakukan di Menara Bank BJB, Jalan Naripan, Kota bandung, Senin (22/2).

Acara turut dihadiri Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana, Kepala Tim Implementasi Kebijakan SP dan Pengawasan PUR, KPwBI Jawa Barat Tia Setia Permana dan Direktur Information Technology, Treasury & International Banking Bank BJB Rio Lanasier.

Nantinya, kata Widi, akan digelar Bank BJB DigiCash Cibadak Culinary Night dan Festival UMKM Kuliner Kota Bandung pada 15-25 Februari ini. Acara ini merupakan dukungan bank bjb terhadap upaya adaptasi teknologi pembayaran termutakhir bagi pelaku UMKM kuliner di Cibadak Culinary Night.

Penerapan QRIS di merchant-merchant kuliner Cibadak diharapkan akan memacu transaksi pembayaran cashless menggunakan uang elektronik sebagai alat bayar masa depan.

"Keberadaan teknologi QRIS yang didukung bank bjb ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh publik untuk menunjang kebutuhan transaksi nontunai," jelasnya.

"Seiring dengan perkembangan zaman, transformasi sebagai upaya adaptasi adalah sesuatu yang niscaya dibutuhkan. Cibadak Culinary Night Festival adalah salah satu gerbang awal bagi Bank BJB untuk terus mendorong akselerasi model pembayaran nontunai di berbagai bidang usaha," kata Widi.

Event BJB DigiCash Cibadak Culinary Night dan Festival UMKM Kuliner Kota Bandung ini menerapkan sistem cashless dengan adanya beberapa program promo berupa discount 60%. Selain itu, ada pula beberapa hadiah jutaan rupiah bagi customer yang bertransaksi menggunakan BJB Digicash.

Para pemburu kuliner di Cibadak hanya perlu memindai QR Code pada gerai untuk melakukan pembayaran. Setelahnya, saldo uang elektronik akan otomatis terpotong sesuai dengan nominal pembelian.

Pembayaran dengan menggunakan uang elektronik ini terbilang lebih praktis dan aman terutama di masa pandemi Covid-19 karena akan menghindarkan pengguna dari sentuhan fisik.

Dengan keberadaan teknologi QRIS ini, menurutnya pengunjung Cibadak Culinary Night akan mendapat kemudahan dan perluasan opsi pembayaran secara tunai maupun nontunai.

Alat bayar QRIS ini dapat digunakan untuk Berbagai jenis uang elektronik yang telah mendapatkan izin dari Bank Indonesia (BI). Para pengguna uang elektronik BJB DigiCash juga dapat melakukan pembayaran di seluruh gerai berlogo QRIS.

QRIS adalah satu-satunya QR yang berlaku di Indonesia dan dikembangkan oleh BI serta Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) dengan tujuan untuk mendukung interkoneksi instrumen sistem pembayaran yang lebih luas serta mengakomodasi kebutuhan transaksi keuangan secara nasional. (BY/OL-09)

Baca Juga

Antara

Peningkatan Anggaran PEN Harus Diiringi Perbaikan Penyaluran

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 24 Februari 2021, 23:55 WIB
Diketahui, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat, realisasi anggaran program PEN 2020 hingga 31 Desember 2020 sebesar Rp579,78...
Antara

Kemenperin Bagikan 35 Juta Masker Kain

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Rabu 24 Februari 2021, 23:48 WIB
Masker yang akan dibagikan Kemenperin, imbuh Agus, merupakan masker kain yang diproduksi oleh industri tekstil dan pakaian jadi dalam...
Antara/Puspa Perwitasari

80 Perusahaan Penerima Tax Holiday Belum Realisasikan Investasi

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 24 Februari 2021, 23:45 WIB
Total nilai investasi yang tak kunjung terealisasi dari penerima fasilitas itu hampir seribu triliun...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya