Sabtu 20 Februari 2021, 17:00 WIB

Pelni Dorong Pelanggan Gunakan Pembayaran Cashless

mediaindonesia.com | Ekonomi
Pelni Dorong Pelanggan Gunakan Pembayaran Cashless

Dok: Pelni
PELNI dorong pelanggan gunakan pembayaran cashless serta pembelian tiket melalui Website dan Aplikasi PELNI Mobile App (20/2)

 

PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Persero mengajak seluruh pengguna jasanya untuk melakukan pembelian tiket kapal secara nontunai (cashless). Tidak hanya pada loket kantor cabang, pembayaran secara nontunai juga dapat dilakukan melalui website dan aplikasi Pelni Mobile Apps. 

Pjs. Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni Opik Taupik menyampaikan pembayaran secara cashless diterapkan guna memberikan kenyamanan, keamanan dan kemudahan bagi para pelanggan yang kini beralih menuju cashless society.

"Pembayaran dengan metode tersebut tidak hanya praktis tetapi juga dapat memberikan rasa aman kepada pelanggan karena tidak harus membawa uang tunai dalam jumlah besar yang rawan akan kejahatan," kata Opik. 

Inovasi digital yang dilakukan perusahaan ini juga sebagai upaya penegakan protokol kesehatan dalam mendukung mengurangi adanya kontak langsung selama pandemi covid-19. Di samping itu, melalui pembayaran secara nontunai, Pelni dapat melayani pelanggan lebih efektif dan cepat pada proses pembelian tiket kapal.

"Metode pembayaran secara cashless juga akan mempermudah perusahaan dalam mengawasi serta meminimalisir potensi fraud dalam operasional. Seluruh loket di cabang telah disediakan mesin EDC untuk mendukung pelaksanaan pembayaran secara nontunai," imbuh Opik Taupik.

Baca juga: Pelni Gelar Virtual Tour on Board ke KM Kelud

Sejalan dengan inovasi digital tersebut, Pelni juga lebih dulu melakukan transformasi dalam hal penjualan tiket kapal dengan menghadirkan aplikasi Pelni Mobile Apps. Aplikasi yang telah diluncurkan sejak 2018 tersebut menjadi salah satu pilihan pelanggan dalam mendapatkan tiket kapal.

"Pelanggan kini tidak perlu lagi pergi ke loket untuk mendapatkan tiket kapal Pelni. Perusahaan telah menyediakan platform Pelni Mobile Apps serta website resmi www.pelni.co.id yang dapat diakses di mana pun dan kapan pun dengan dukungan layanan pembayaran secara non-tunai," tuturnya.

Pelni terus mengajak pelanggan agar dapat memanfaatkan platform digital yang telah tersedia untuk memperoleh tiket kapal guna memberikan kemudahan dan kecepatan pelayanan kepada seluruh pelanggan di Indonesia. 

Pelanggan kapal juga dapat memanfaatkan layanan whatsapp contact center PELNI 162 di nomor 0811-161-1-162 untuk mengetahui jadwal serta melakukan pemesanan tiket kapal.

"Seluruh tim contact center standby 24 jam untuk menjawab kebutuhan pelanggan." 

Pelni sebagai Perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak pada bidang transportasi laut hingga saat ini telah mengoperasikan sebanyak 26 kapal penumpang dan menyinggahi 76 pelabuhan serta melayani 1.058 ruas. 

Selain angkutan penumpang, Pelni juga melayani 45 trayek kapal perintis yang menjadi sarana aksesibilitas bagi mobilitas penduduk di daerah 3TP di mana kapal perintis menyinggahi 285 pelabuhan dengan 3.811 ruas. Pelni juga mengoperasikan sebanyak 20 kapal Rede. Sedangkan pada pelayanan bisnis logistik, kini mengoperasikan 9 trayek tol laut serta 1 trayek khusus untuk angkutan ternak.(RO/OL-5) 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Terkait Upah Minimum, Bahlil: Pengusaha Harus Jaga Keberlangsungan Usahanya

👤 Despian Nurhidayat 🕔Rabu 01 Desember 2021, 16:59 WIB
Kebijakan kenaikan upah minimum secara nasional sebesar 1,09% merupakan upaya untuk menjaga keberlangsungan usaha dari para...
DOK KEMENTAN

Di Dubai, Kementan Tandatangani Kontrak Dagang Lebih dari Rp1 Triliun

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 01 Desember 2021, 16:36 WIB
produk pertanian Indonesia memang berkualitas bagus. Itu terlihat dari ciri khas cita rasa kopi produk pertanian...
Antara

DEN Dukung Langkah SKK Migas Tekan Emisi Karbon

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 01 Desember 2021, 14:50 WIB
Dewan Energi Nasional dukung langkah SKK Migas dalam penurunan emisi gas rumah kaca (GRK) sebesar 314,03 juta ton CO2 di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya