Kamis 14 Januari 2021, 12:05 WIB

Kementan Gandeng Importir untuk Genjot Pemasaran Kedelai Lokal

M Iqbal Al Machmudi | Ekonomi
Kementan Gandeng Importir untuk Genjot Pemasaran Kedelai Lokal

ANTARA/Fikri Yusuf
PRODUKSI OLAHAN KEDELAI LOKAL: Perajin membuat tempe berbahan kedelai lokal di industri rumahan "iniTempe Bali", Badung, Bali, Rabu (6/1)

 

DIREKTUR Aneka Kacang dan Umbi Kementerian Pertanian (Kementan) Amirudin Pohan mengungkapkan Kementan menggandeng importir untuk bantu memasarkan kedelai lokal yang dijual oleh petani. Kementan juga berkoordinasi dengan kementerian lain untuk menggenjot pemasaran kedelai lokal.

"Kita koordinasi lintas kementerian. Untuk sementara sudah ada MoU dengan importir yang bersedia membeli langsung dari petani," ujar Amirudin saat dihubungi, Kamis (14/1).

Ia membeberkan, hingga saat ini sudah ada empat importir yang siap memasarkan kedelai lokal. Namun dirinya belum bisa menyebutkan secara rinci nama-nama importir tersebut.

"Ada empat mewakili. Nanti rencana dalam waktu dekat kami undang lagi agar semua importir bisa berpartisipasi," ungkapnya.

Kementan sendiri sedang mengebut penanaman kedelai dengan jangka waktu 200 hari. Penanaman benih kedelai dilakukan pada Januari-Maret 2021 di lahan seluas 36 ribu hektare. Lalu pada April-Juni 2021, benih tersebut akan ditanam di 525 ribu hektare.

Lokasi penanaman ada di Provinsi Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Barat, NTB, Kalimantan Selatan, Lampung dan Banten.

"Tugas kami sekarang ini yakni mencari calon petani calon lokasi (CPCL) agar segara ditanam pada Januari sampai Juni 2021. Ini tindakan jangka pendek dulu dari Kementan, mudah-mudahan bisa mencapai 500 ribu hektare itu sampai Juni," pungkasnya. (E-2)

Baca Juga

 FOTO ANTARA/Rosa Panggabean

Bisnis Pialang di Tengah Pandemi Mengalami Kontraksi Positif

👤Denny Susanto 🕔Rabu 27 Januari 2021, 07:37 WIB
Rifan Financindo Berjangka sebagai perusahaan pialang berjangka teraktif di BBJ, selama...
Ist

Moeldoko Tegaskan Empat Peran HKTI Mensejahterakan Petani

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 27 Januari 2021, 06:30 WIB
HKTI harus melakukan konsolidasi sampai ke gabungan kelompok tani (Gapoktan). Dengan begitu, HKTI dapat membantu mengatasi...
DOK Seraya Perkasa Mututama

Seraya Gears Pabrik Roda Gigi Pertama di Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 27 Januari 2021, 00:16 WIB
Pabrik roda gigi yang terletak di Cikarang Pusat, Indonesia, itu memiliki mesin dengan kapasitas sampai dengan diameter 5,5 meter,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya