Rabu 13 Januari 2021, 22:06 WIB

Dukung Program Utama Kementan 2021, Pelatihan Diperkuat

mediaindonesia.com | Ekonomi
Dukung Program Utama Kementan 2021, Pelatihan Diperkuat

Ist/Kementan
Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi.

 

KEMENTERIAN Pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) akan memperkuat pelatihan pertanian. Dari pelatihan tersebut diharapkan petani dan penyuluh bisa meningkatkan produksi sekaligus mendukung program utama Kementan di tahun 2021.

Hal itu disampaikan dalam Koordinasi Penguatan Penyelenggaraan Pelatihan Pertanian Tahun 2021, di Hotel Horison Ciawi, Jawa Barat, Rabu (13/1).

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) telah meminta agar kapasitas SDM pertanian diperkuat.

"Peningkatan pertanian hanya bisa dilakukan dengan SDM yang berkualitas. Oleh sebab itu, kita harus mencetak SDM-SDM pertanian yang handal. Termasuk juga mencetak banyak petani milenial untuk mendukung maa depan pertanian," tuturnya.  

Sementara Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi, mengatakan harus dibuat perencanaan matang untuk mendukung peningkatan pertanian.

"Sebagai insan pertanian, kita harus paham, mengerti, arahan yang disampaikan Menteri Pertanian dan Presiden. Tapi mengerti dan paham pun belum cukup. Kita harus mampu mengeksekusinya. Dari perencanaan yang kita buat untuk tahun 2021 ini, kita targetkan semuanya bisa eksekusi dengan baik," katanya.

Dedi mengingatkan jika tugas pokok pembangunan pertanian adalah menyediakan pangan bagi 273 juta penduduk Indonesia. 

Selain itu, pertanian juga harus mampu meningkatkan kesejahteraan petani dan menggenjot ekspor pertanian.

"Untuk itu, kita meminta BPP (Balai Penyuluhan Pertanian) untuk menjalankan tupoksinya dengan baik, seperti menghasilkan SDM pertanian yang profesional, mandiri, dan berdaya saing," katanya.

Dijelaskan Dedi peningkatan pertanian bisa dilakukan melalui tiga program aksi,  yaitu Gerakan Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani), Penyuluhan, Pendidikan dan Pelatihan Vokasi untuk mendukung penumbuhan pengusaha pertanian milenial, serta  penyuluhan, pendidikan dan pelatihan vokasi untuk mendukung Program Utama Kementan, seperti Propaktani, Gedor Horti, Grasida, Sikomandan, Gratieks, KUR, asuransi, alsintan, dan PMS. 

"Di 2020 kita sudah bahu membahu, berjuang bekerja keras membantu BPP Kostratani di seluruh tanah air dengan berbagai kekurangan dan berbagai faktor pembatasan. Tapi allhamdulillah sudah lebih dari 99% BPP sudah terkoneksi dengan Argiculuture War Room (AWR)," katanya. (RO/OL-09)

Baca Juga

Ist/Sariraya

Kerja Sama RI-Jepang, Peluang UMKM Kembangkan Bisnis ke Jepang

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 24 Januari 2021, 20:34 WIB
Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi pelaku UMKM agar memanfaatkan peluang dari perjanjian perdagangan dan...
DOK BRI

Rangkul Fans MLBB, BRI Rilis BRIZZI Edisi Spesial Mobile Legend

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 24 Januari 2021, 18:38 WIB
Saat ini BRIZZI telah menjadi salah satu alat pembayaran atau e-wallet bagi banyak...
Antara

Februari, Daging Sapi Impor Masuk Indonesia

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Minggu 24 Januari 2021, 15:04 WIB
Kementan menyebutkan impor daging sapi bakalan akan datang pada Februari 2021. Upaya impor tersebut untuk menjaga stabilitas harga dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya