Kamis 24 Desember 2020, 11:30 WIB

Sandiaga Dorong Kolaborasi Selamatkan Industri Pariwisata

Insi Nantika jelita | Ekonomi
Sandiaga Dorong Kolaborasi Selamatkan Industri Pariwisata

Antara/Andre Kuat
Serah terima jabatan Sandiaga uno dn Wishnutama sebagai Menteri Pariwistaa dan Ekonomi Kreatif

 

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan, puluhan juta lapangan kerja perlu diselamatkan imbas pandemi covid-19. Dia mengaku memerlukan kolaborasi dengan kementerian lain.

Hal itu diungkapkan Sandiaga saat bertemu dengan tiga menteri lainnya, yakni Menteri BUMN Erick Thohir, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia dan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi beberapa waktu lalu.

"Kita harus segera berkolaborasi, kebijakan ini harus kita pastikan dieksekusi tepat waktu, tepat sasaran dan tepat manfaat. Lebih dari 40 juta lapangan kerja yang perlu kita selamatkan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," ungkap Sandiaga dalam video yang diunggah di akun media sosialnya, Kamis (24/12).

Sandiaga mengaku membutuhkan bantuan dari Kementerian Perdagangan lewat kebijakan dalam membangkitkan ekonomi, khususnya dibidang pariwisata yang terdampak akibat pandemi.

"Saya perlu sekali bantuan Pak Menteri Perdagangan, dari segi kebijakan perdagangan yang mudah mudahan bisa berpihak pada kebangkitan ekonomi rakyat," tutur mantan Wakil Gubernur DKI itu.

Baca juga : Jelang Libur Akhir Tahun, bank bjb Pastikan Likuiditas Lancar

Sementara, dukungan dari kebijakan BKPM, kata Sandiaga diperlukan untuk memperlancar investasi-investasi sektor pariwisata dengan insentif yang diberikan.

"Kita dukung penuh," ucap Bahlil.

Untuk Kementerian BUMN sendiri, Sandiaga menyebut bahwa lewat jaringan luas yang dimiliki dapat membangkitkan sektor pariwisata dengan kerja sama perusahaan-perusahaan pelat merah itu.

"Dan ini yang paling banyak duitnya, Kementerian BUMN, Pak Erick Thohir ini punya keleluasaan dalam menggunakan balance sheet (kebijakan). Mudah-mudahan mberikan sumbangsih kepada kebangkitan ekonomi," pungkas Sandi. (OL-7)

Baca Juga

Antara/Basri Marzuki.

Pegadaian Sediakan Produk Bundling Investasi Emas dan Asuransi bagi Pengemudi Ojol

👤Ihfa Firdausya 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 17:44 WIB
PT Pegadaian bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Gojek memperkenalkan produk bundling investasi sekaligus asuransi bagi...
Dok.Ist

Bank Jago dan Goto Financial Edukasi Mitra GoFood Kelola Keuangan

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 17:39 WIB
Kolaborasi aplikasi Jago dan GoBiz memungkinkan mitra usaha GoFood untuk melakukan berbagai hal seperti budgeting, pembayaran, serta...
MI/SUSANTO

Lima Faktor Pendorong Pelambatan Ekonomi Dunia Tahun Depan

👤 M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 17:28 WIB
BI memproyeksikan ekonomi dunia hanya akan tumbuh 2,9% di tahun depan. Angka itu jauh lebih rendah dari prakiraan pertumbuhan tahun ini di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya