Senin 21 Desember 2020, 05:44 WIB

Pelni Siap Distribusikan Vaksin Covid-19 ke Pelosok Nusantara

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Pelni Siap Distribusikan Vaksin Covid-19 ke Pelosok Nusantara

ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Kapal Logistik Nusantara 4 dari Jakarta melaksanakan bongkar muat kontainer di dermaga Pelabuhan Pelni Selat Lampa, Pulau Bunguran, Natuna.

 

SEBAGAI perusahaan angkutan penumpang dan barang, PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT Pelni (Persero) saat ini mengoperasikan 26 kapal penumpang, 4 kapal barang, 8 kapal tol laut, 45 trayek kapal perintis, dan 20 kapal rede. Dengan trayek kapal yang memasuki kota besar maupun wilayah 3TP (tertinggal, terpencil, terluar, dan perbatasan), kapal-kapal Pelni sangat dimungkinkan untuk mengambil peran mendistribusikan vaksin covid-19.

Direktur Utama PT Pelni Insan Purwarisya L. Tobing berharap Pemerintah dapat melibatkan PT Pelni dalam mendistribusikan vaksin covid-19 ke penjuru Nusantara. 

"Selain jangkauan trayek yang luas, kapal-kapal Pelni merupakan operator kapal terbesar di Indonesia yang menjalankan program Tol Laut. Peran utamanya mendistribusikan kebutuhan utama masyarakat di wilayah dengan akses yang terbatas. Vaksin covid-19 saat ini menjadi kebutuhan urgensi yang ditunggu banyak wilayah di Indonesia," ujar Insan dalam keterangan tertulis, Senin (21/12).

Jika diberi kesempatan Pemerintah, Insan yakin distribusi vaksin menggunakan kapal PELNI dapat dilakukan dengan segera. Untuk memastikan kesiapan kapal, PELNI siap jika Pemerintah ingin melihat langsung kesiapan kapal-kapal Pelni.

"Kapan saja kami siap mendampingi Pemerintah melihat sendiri prosedur angkutan barang di kapal Pelni, baik itu kapal penumpang maupun kapal kargo." tambah Insan. 

Sejalan dengan pernyataan Insan, Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut-Masrul Khalimi juga menyampaikan bahwa muatan yang dapat diangkut kapal Pelni terbagi atas muatan beku dan non-beku. "Untuk muatan beku antara lain seperti daging ayam beku, daging, produk perikanan (ikan beku), obat-obatan, hingga ice cream. Sedangkan untuk muatan non beku yang dapat diangkut antara lain bahan pokok penting, kopra, kayu, produk-produk UMKM, barang-barang kebutuhan rumah tangga, semen, dan masih banyak lagi yang lain," tambah Masrul. 

Selama lima tahun mengoperasikan kapal tol laut, Pelni telah mendistribusikan 22.497 TEUs muatan ke berbagai wilayah 3TP. Muatan tahun pertama atau pada 2015, kapal tol laut Pelni tercatat hanya membawa muatan sebanyak 99 TEUs. Kepercayaan masyarakat terus tumbuh dari tahun ke tahun untuk memanfaatkan kapal tol laut. Tahun 2020 ini, total muatan tol laut melonjak hingga 6.637 TEUs, yang terdiri atas 4.401 TEUs muatan berangkat dan 2.236 TEUs untuk muatan balik. 

Ketentuan komoditi yang diangkut oleh kapal Pelni telah sesuai dengan Peraturan Menteri Perdagangan No. 53 tahun 2020 Tentang Penetapan Jenis Barang yang Diangkut dalam Program Penyelenggaraan Kewajiban Pelayanan Publik untuk Angkutan Barang dari dan ke Daerah Terpencil, Tertinggal, Terluar dan Perbatasan. 

PT Pelni (Persero) sebagai perusahaan BUMN yang bergerak di bidang transportasi laut hingga saat ini telah mengoperasikan sebanyak 26 kapal penumpang dan menyinggahi 83 pelabuhan serta melayani 1.100 ruas. Selain angkutan penumpang, Pelni juga melayani 45 trayek kapal perintis yang menjadi sarana aksesibilitas bagi mobilitas penduduk di daerah 3TP, kapal perintis menyinggahi 275 pelabuhan dengan 3.739 ruas. Pelni juga mengoperasikan sebanyak 20 kapal rede. Sedangkan pada pelayanan bisnis logistik, kini Pelni mengoperasikan 4 kapal barang, 8 kapal tol laut serta 1 kapal khusus ternak. (OL-3)

Baca Juga

Ist

Digital Marketing Bantu Pelaku Usaha Tumbuh

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 03 Juli 2022, 15:14 WIB
Wadah ini juga bisa melakukan kerja sama strategis dengan berbagai pihak yang dapat membantu meningkatkan penjualan melalui berbagai macam...
Antara

Risiko Global Meningkat, APBN Diarahkan Jaga Daya Beli Masyarakat

👤 Despian Nurhidayat 🕔Minggu 03 Juli 2022, 15:10 WIB
Pemerintah melalui instrumen APBN, berhasil meredam tingginya tekanan inflasi global, sehingga daya beli masyarakat terjaga dan pemulihan...
Antara

Lewat Diversifikasi Produk Perikanan, KKP Harap AKI Meningkat

👤Despian Nurhidayat 🕔Minggu 03 Juli 2022, 14:39 WIB
KKP memiliki target Angka Konsumsi Ikan (AKI) pada 2024 mencapai 62 kg per kapita per tahun. Pada 2021, AKI nasional tercatat 55,37 kg...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya