Rabu 02 Desember 2020, 10:42 WIB

IHSG Berpotensi Terdorong Penguatan Bursa Saham Global

Fetry Wuryasti | Ekonomi
IHSG Berpotensi Terdorong Penguatan Bursa Saham Global

AFP
Lambang wallstreet di New York City.

 

BURSA saham Amerika Serikat mengalami penguatan pada perdagangan kemarin. Indeks Dow Jones Futures naik +0,62%, S&P500 +1,13% dan Nasdaq terangkat +1,28%. Penguatan didukung adanya optimisme stimulus AS akan segera dikeluarkan guna mendukung pemulihan ekonomi di masa pandemi covid-19 ini.

Juru bicara DPR AS Nancy Pelosi dan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin dijadwalkan akan bertemu kembali dalam waktu dekat untuk membahas paket stimulus.

"Di sisi lain, para pengembang vaksin covid-19 mulai mengajukan izin edar di beberapa negara. Pfizer sedang mengajukan izin di Eropa dengan meminta persetujuan European Medicine Agency. Moderna juga melakukan hal yang sama untuk mendapat izin edar di Uni Eropa dan Singapura," kata Head of Equity Research, Strategy, Banking, Consumer (Staple) Samuel Sekuritas Indonesia Suria Dharma, Rabu (2/12).

Dari pasar komoditas, harga minyak mengalami pelemahan semalam. Brent turun -1,07% dan WTI -1,72%. Pelemahan terjadi akibat para pelaku pasar khawatir terhadap penundaan pertemuan OPEC+ yang akan membahas perjanjian pemotongan produksi minyak yang akan selesai pada Januari 2021 mendatang.

Sementara itu, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kemarin ditutup menguat +2% meskipun adanya net sell asing Rp777 miliar di pasar reguler.

Penguatan IHSG didukung PMI manufaktur Indonesia yang mencapai level 50,6 pada November yang menunjukkan adanya ekspansi di aktivitas manufaktur Indonesia.

Adanya inflasi 0,28% pada November juga menunjukkan daya beli masyarakat mulai pulih setelah bulan sebelumnya terjadi deflasi.

"Meski demikian sentimen negatif masih datang dari pertambahan kasus covid-19 di Indonesia yang masih tinggi yaitu 5.092 kasus baru dan hanya ada 4.361 kasus sembuh. Hari ini IHSG diperkirakan berpotensi menguat kembali, sejalan dengan penguatan bursa global serta menunggu perkembangan stimulus AS. Pagi ini pun indeks bursa Asia seperti Nikkei terpantau dibuka naik +0,18% dan Kospi naik +0,81%," kata Suria. (E-3)

Baca Juga

Antara

Realisasi Investasi Kuartal IV 2020 Capai Rp214,7 Triliun

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 25 Januari 2021, 14:54 WIB
Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengungkapkan realisasi investasi pada kuartal IV-2020 mencapai Rp214,7 triliun atau tumbuh 3,1% (yoy)...
Antara

SWF Jadi Opsi Keluar dari Middle Income Trap

👤Despian Nurhidayat 🕔Senin 25 Januari 2021, 14:44 WIB
SWF menjadi terobosan yang patut ditempuh agar Indonesia masih bisa keluar dari risiko middle income trap, tanpa membebani kondisi keuangan...
Antara/Puspa Perwitasari

Bahlil: Persaingan Investasi Jepang dan Korsel Ngeri-Ngeri Sedap

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 25 Januari 2021, 14:32 WIB
Hal itu tecermin dari data BKPM sepanjang 2020. Nilai investasi asal Jepang berada di peringkat ke-4, sedangkan investasi asal Korea...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya