Senin 30 November 2020, 21:14 WIB

Kemenhub Gandeng Astra Uji Coba Car Terminal di Patimban

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Kemenhub Gandeng Astra Uji Coba Car Terminal di Patimban

MI/Reza Sunarya
Pembangunan Pelabunan Patimban, Subang

 

KEMENTERIAN Perhubungan (Kemenhub) gandeng perusahaan manufaktur Astra  dalam uji coba bongkar muat car terminal di Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat pada Kamis (3/11).

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Kementerian Perhubungan Ahmad mengungkapkan, uji coba tersebut dilakukan untuk mensimulasikan alur pelayanan bongkar muat kendaraan ekspor dan melatih personel dalam bongkar muat tersebut.

"Pelaksanaan uji coba bongkar muat di Pelabuhan Patimban dilakukan pada 3 Desember 2020. Kekuatan unsur latihan bongkar muat terdiri dari PT PT Toyota Astra Motor Manufacturing Indonesia dan PT Astra Daihatsu Motor," ujar Ahmad dalam acara Table Top Exercise Uji Coba Bongkar Muat di Car Terminal Patimban secara virtual, Senin (30/11).

Selain dari perusahaan manufaktur, Kemenhub juga bakal melibatkan unsur dari perusahaan bongkar muat, pelayaran, otoritas pelabuhan di Subang, dan lainnya.

Ahmad juga menuturkan, uji coba bongkar muat kendaraan di Pelabuhan Patimban untuk mengidentifikasi hal-hal yang menjadi hambatan dan kekurangan pelayanan untuk dapat segera dilakukan tindakan korektif.

Baca juga : Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 1 Telah Dikenakan Tarif

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menuturkan, uji coba bongkar muat akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo. Pembangunan tahap I bakal bakal beroperasi pada akhir tahun ini.

"Insyaallah kalau tidak ada halangan, presiden membuka soft launching car terminal di Patimban. Proyek inj didesain untuk kebangkitan kemajuan ekonomi Indonesia," kata Budi.

Dalam pembangunan tahap I Pelabuhan Patimban, bakal memiliki terminal kontainer seluas 35 hektare dengan berkapasitas 250.000 TEUs. Lalu car teminal imemiliki dermaga berukuran 25 hektare dengan kapasitas 218.000 CBU.

Budi menyebut, Pelabuhan Patimban akan bersinergi dengan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, untuk distribusi kendaraan domestik dan ekspor barang

"Kamu ingin barang-barang dieskpor lancar. Kita memang sudah ada Tanjung Priok, tapi ingin lebih besar lagi ekspor-nya. Kolaborasi dengan Tanjung Priok dan Patimban inu proyek ini bukan jangka pendek, tapi jangka panjang sampai 2027," pungkas Menhub. (OL-2)

 

Baca Juga

Johannes EISELE / AFP

Wall Street Dibuka Lebih Tinggi pada Perdagangan Selasa Pagi

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 00:53 WIB
Saham-saham di Bursa Efek New York, Wall Street, Amerika Serikat, dibuka lebih tinggi pada perdagangan Selasa (19/1) pagi waktu...
MI/Panca Syurkani

Citilink Layani Penerbangan Padang-Medan Empat Kali dalam Sepekan

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 Januari 2021, 23:30 WIB
Setiap hari Senin, Selasa, Kamis, dan...
Antara

40 Ton Beras Diangkut dari Sulteng dengan Tol Laut ke Sulut

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 Januari 2021, 23:21 WIB
Program Tol Laut yang dicanangkan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bertujuan untuk menghubungkan pengangkutan logistik...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya