Jumat 27 November 2020, 13:49 WIB

Tana Mori Labuan Bajo Masuk Daerah Wisata Premium

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Tana Mori Labuan Bajo Masuk Daerah Wisata Premium

ANTARA/DOK BKIP Kemenhub
.

 

DESTINASI Tana Mori Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), akan menjadi wisata kelas atas atau premium. Upaya itu bermaksud agar menjadi pembeda antara Tana Mori dengan destinasi unggul lain di Tanah Air.

"Untuk Labuan Bajo Tana Mori, sesuai rapat terakhir, posisinya menjadi premium. Ini yang membedakan juga dengan Mandalika dan wisata lain," ujar Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dalam Rapat Koordinasi Nasional Percepatan Pengembangan Lima Destinasi Pariwisata (DPSP) dalam kanal Youtube Kemenko Marves, Jumat (27/11).

Erick menuturkan, dalam pembangunan lima kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) memiliki kategori tersendiri. Hal itu agar menjadi daya tarik wisatawan yang akan berkunjung ke destinasi superprioritas, yang terdiri dari Labuan Bajo, Mandalika, Danau Toba, Borobudur, dan Manado Bitung-Likupang.

"Kalau tidak ada differences masing-masing daerah, akhirnya bukan sesuatu yang menarik. Kami mengharapkan dengan Labuan Bajo menjadi destinasi premium dapat menjadi target sendiri," jelas Erick.

Dalam paparan yang diperlihatkan Erick, untuk pengembangan kawasan Tana Mori Labuan Bajo mmencapai Rp2,67 triliun. Kawasan itu memiliki luas 300 hektare dan bakal dijadikan venue dari agenda G20 dan ASEAN Summit di 2023.

Di Mandalika, Erick menyebut pihaknya akan menargetkan wisata untuk kalangan anak muda dan wisatawan yang menyukai olahraga. Seperti diketahui, Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), bakal dijadikan lintasan balap MotoGP 2021.

"Di Mandalika ada education hub, karena konsep Mandalika ini mau (ditargetkan) ke anak muda dan sport. Kebetulan ada MotoGP nanti," tuturnya.

Untuk kawasan Manado Bitung-Likupang, Erick menyampaikan, destinasi itu masuk dalam middle atau pertengahan. "Di Likupang banyak wisatawan dari Tiongkok. Jadi di sana market middle. Ada ruang terbukanya dan lain-lain," kata Erick.

Sebelumnya dalam keterangan pers, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basoeki Hadimoeljono menargetkan, pembangunan lima KSPN dengan status prioritas akan selesai di 2021.

“Saat ini progres pembangunan KSPN Super Prioritas telah mencapai 57,85% hingga pertengahan November 2020. Adapun serapan anggaran mencapai Rp2,64 triliun dari total anggaran Rp3,81 triliun atau sebesar 69,36% untuk 5 KSPN Super Prioritas," kata Basoeki. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Konsep Buy Now, Play Later Bakal jadi Primadona di 2021

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:55 WIB
Berdasarkan studi dari Coherent Market Insights, pasar Paylater global diperkirakan akan tumbuh dari US$5 juta pada 2019, menjadi US$...
Ist

Agar Tampilan Wajah Segar dan Bebas Kilap Minyak

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:20 WIB
Bedak tabur adalah bagian dari kosmetik populer karena setiap wanita menginginkan kulit berseri tanpa kilau minyak dalam tampilan...
AFP/Johan Ordonez

Pemilik British Airways Beli Air Europa dengan Setengah Harga

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 22:51 WIB
Pemerintah Spanyol telah memberikan Air Europa pinjaman sebesar 475 juta euro untuk membantu maskapai tersebut melalui...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya