Sabtu 21 November 2020, 23:25 WIB

BI Dorong Pengembangan UMKM Kopi

M. Iqbal Al Machmudi | Ekonomi
BI Dorong Pengembangan UMKM Kopi

MI/Irwansyah Putra
Petani menjemu kopi.

 

BANK Indonesia (BI) melakukan sejumlah program pengembangan UMKM kopi di seluruh Kantor Perwakilan Bank Indonesia dengan cakupan pembinaan dari hulu ke hilir guna mendorong optimalisasi kuantitas maupun kualitas komoditas kopi di dalam negeri.

Deputi Gubernur BI, Doni P Joewono, mengatakan atas inisiatif tersebut, saat ini terdapat 14 dari 62 UMKM penghasil kopi binaan BI yang telah menembus pasar ekspor baik langsung maupun tidak langsung.

"Bekerja sama dengan lembaga/instansi terkait dan masyarakat, pembinaan UMKM yang dilakukan BI dari sisi hulu secara menyeluruh mulai dari membantu konservasi lahan, penyediaan air bersih, serta menyiapkan unit pengolahan hasil termasuk penyediaan mesin pengupas," kata Doni saat webinar bertajuk Kulak Kulik Nikmatnya Bisnis Kopi yang diadakan Karya Kreatif Indonesia (KKI), Sabtu (21/11).

Dari sisi hilir, lanjut Doni, BI menyelenggarakan berbagai kegiatan festival kopi di dalam negeri, menggelar pelatihan dan kurasi untuk produk kopi yang siap masuk ke pasar mancanegara.

Selain itu, BI juga menginisiasi untuk membangun wisata edukasi kopi (coffee edutourism) yang saat ini sudah terbentuk di salah satu UMKM binaan BI di Jawa Barat, yaitu Kopi Kiwari. Dalam mendorong digitalisasi UMKM, BI memfasilitasi program on boarding UMKM yang dilakukan melalui pembelajaran secara daring terkait dengan strategi UMKM.

"Hal itu dilakukan agar terkoneksi dengan platform digital, teknik fotografi, logistik, dan membuat pembukuan, serta hal lainnya yang mendukung UMKM di era digital," pungkasnya. (R-1)

Baca Juga

ANTARA/Aloysius Jarot Nugroho

2021, Pertanian Dilakukan dengan Teknologi Modern

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Selasa 01 Desember 2020, 03:10 WIB
Pertumbuhan sektor pertanian dibuktikan dari kontribusinya dalam pertumbuhan domestik bruto (PDB) selama dua kuartal...
Ist

Menkumham Mudahkan Pelaku UMK Melalui Perseroan Perseorangan 

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 01 Desember 2020, 02:36 WIB
Menurut Yasonna Laoly, pemerintah melakukan berbagai upaya yang bertujuan untuk memulihkan keadaan ekonomi...
MI/Reza Sunarya

Kemenhub Gandeng Astra Uji Coba Car Terminal di Patimban

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 30 November 2020, 21:14 WIB
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) gandeng perusahaan manufaktur Astra  dalam uji coba bongkar muat car terminal di Pelabuhan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya