Jumat 20 November 2020, 20:44 WIB

Bank Mandiri Ajak Pebisnis Manfaatkan Digital Marketing 

Ghani Nurcahyadi | Ekonomi
Bank Mandiri Ajak Pebisnis Manfaatkan Digital Marketing 

Dok. Pribadi
Webinar Bank Mandiri terkait Digital Marketing

 

BANK Mandiri berupaya mendorong kebangkitan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan mengajak mereka beradaptasi di masa pandemi.  Terutama dengan memanfaatkan platform digital sebagai outlet penjualan.

“Bank Mandiri punya peran sebagai agent development atau mengembangkan UMKM, karena di masa krisis akibat impact dari pandemi, tentunya pertama kali yang kena UMKM,” kata Aquarius Rudianto Direktur Jaringan dan Retail Banking Bank Mandiri dalam webinar Digital Marketing: Strategi Mendapatkan Konsumen dan Meningkatkan Penjualan, JUmat (20/11).

Aquarius mengatakan Mandiri berupaya membantu para nasabah pebisnis ini dengan menyediakan transaksi bebas biaya, hingga mendorong transaksi digital.

“Chanel-chanel digital kita siapkan untuk mengkomodir kebutuhan, perkembangannya cukup drastis, kalau kita lihat sudah hampir pp1,7 miliar transaksi, kalau e-commerce kita sudah hampir 146 juta posisi Oktober” lanjut Aquarius. 

Ia menjelaskan, pergeseran transaksi ke jalur digital ini terjadi baik di sisi penjual maupun konsumen. Aquarius berharap fitur-fitur online di mandiri bisa dimanfaakan para pebisnis, termasuk pinjaman yang bisa diajukan secara online.

“Kalau mau pinjam Rp100 juta, di Mandiri dalam waktu maksimal 15 menit bisa sampai disburse,” kata Aquarius menjelaskan tenang program Pinjaman Tanpa Ribet atau PINTAR. 

Digital Creator Ndorokakung mengatakan Media sosial merupakan sumber informasi utama bagi warga +62, sehingga sangat bisa dimanfaatkan untuk berjualan.

“Media sosial mampu memberikan data tentang perilaku konsumen, ini penting bagi brand,” tambahnya. Selain itu media sosial sangat ramah bagi pebisnis. Meski demikian perlu strategi jitu untuk memanfaatkan media sosial dalam marketing. 

“Yang pertama adalah menetapkan tujuan, mau brand awareness, mau meningkatkan sales, atau mencari lead, atau apa.  Kemudan KPI-nya apa, apakah mau meningkatkan trafict ke web, apakah lead atau sales, dan seterusnya,” jelas Ndorokakung.

Baca juga : Ekosistem Digital Bantu Percepatan Penanganan Covid-19

Selanjutnya perlu menetapkan target pasar yaitu kalangan mana, usia, jenis kelamin, di perkotaan atau pedesaan, kelompok pesepeda atau pengguna mobil.  Sebab, ini akan menentunkan konten yang cocok untuk target marketnya. Selanjutnya, karena media sosial jenisnya maka brand harus memilih sesuai dengan barang jual.

“Apakah brand cocok menggunakan Tik-Tok misalnya, kita tahu Tiktok banyak digunakan anak muda, gen Z,” tambahnya. 

Sedangkan untuk konten, salah satu tipsnya harus menjawab kebutuhan konsumen. “Kedua konten mudah diakses, makin mudah diakses dan mudah disebarkan akan meningkatkan engagement,” lanjutnya. 

Ndorokakung juga memberi tips untuk memanfaatkan influencer. Elemen influencer juga yang dimanfaatkan aktor Ben Joshua yang kini menjadi pebisnis kuliner. Ben memulainya dengan memberi merek sambal yang dijual yang selaras dengan namanya, yaitu Ben_Cabe

“Maka di entertaiment mesti jaga nama, karena bisa dimanfaatkan untuk bisnis,” katanya. Ben mengakui nama itu mampu mendongkrak penjualan.  Ben juga mengajak influencer lain untuk menarik para pembeli. 

Head of Brand Management and Digital Product Shopee Indonesia Daniel Minardi mengatakan penting bagi para penjual menjelaskan secara detail  produknya karena akan membangun  kepercayaan konsumen.

“Ketika pembeli membaca, oh ini ternyata produknya seperti ini, dan ketika produk ini diterima, dan sesuai maka ini akan meningkatkan kepercayaan,” tambah Daniel.

Tips lainnya adalah merespons dengan cepat pertanyaan pembeli. “Ketika pembeli itu chat, maka sebenarnya secara intensi sudah cukup, mereka hampir membeli,” lanjutnya. (RO/OL-7)

Baca Juga

Antara/Aditya Pradana Putra

OJK: Covid-19 Buat Kredit Perbankan Minus 2,41% di 2020

👤Despian Nurhidayat 🕔Jumat 15 Januari 2021, 20:52 WIB
Menurutnya, perekonomian nasional pun terkontraksi cukup dalam, sehingga menekan kinerja sektor riil dan mengurangi pendapatan...
MI/DHIKA KUSUMA WINATA

Rekaman Suara Kokpit Sriwijaya Air Jelas Hoaks

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Jumat 15 Januari 2021, 20:45 WIB
Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) baru menemukan satu komponen kotak hitam (black box) berupa flight data...
Antara/Asep Fathulrahman

Dilaporkan UE ke WTO terkait Nikel, Mendag: Kami Siap Hadapi

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Jumat 15 Januari 2021, 19:04 WIB
Lutfi menjelaskan, UE menilai peraturan atau regulasi terkait minerba menyulitkan UE menjadi kompetitif besi baja. Terutama stainless steel...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya