Kamis 19 November 2020, 17:30 WIB

Restoran Bertahan dengan Kolaborasi Aneka Platform Digital

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Restoran Bertahan dengan Kolaborasi Aneka Platform Digital

ANTARA/Septianda Perdana
.

 

PANDEMI covid-19 melanda seluruh sendi perekonomian, termasuk industri restoran. Selama pandemi, banyak restoran yang sepi pengunjung. Kalau pun ada yang datang, aturan mewajibkan konsumen untuk membawa makanan pulang ke rumah. Ini untuk menghindari kerumunan di tempat makan.

Untuk bertahan di masa pandemi, General Manager Marketing PT Eka Bogainti (HokBen) Francisca Lucky menjelaskan bahwa pihaknya mesti melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak, terutama dalam penyediaan platform digital. "Sejak April, kami sudah memiliki aplikasi di Playstore dan App Store. Ini untuk memudahkan pelanggan melakukan berbagai hal, mulai dari pemesanan sampai pembayaran," ujarnya, Jakarta, Kamis (19/11).

Francisca menjelaskan sekarang lebih banyak pelanggan yang melakukan pemesanan makanan dengan cara take away, delivery, dan drive thru daripada makan di tempat. Karenanya, pihaknya juga menggandeng e-commerce, transportasi daring, dan perbankan untuk mengurangi penyebaran virus korona. Meskipun demikian, bisnis di 183 gerainya, kebanyakan berada di mal, seluruh Indonesia belum pulih seperti dalam kondisi normal sebelumnya.  

Selain strategi kolaborasi dengan aneka platform digital, pihaknya meyiasati dengan merilis menu baru. Dalam setahun, perusahaan dapat meluncurkan 3-4 menu baru. Ini diperoleh setelah riset beberapa lama terhadap keinginan konsumen. "Kami mengoptimalkan pula media sosial yang ada untuk meminta masukan konsumen tentang menu yang sedang tren saat ini," katanya.

Dari survei itu, Hokben kembali memanjakan para pelanggannya dengan menghadirkan Mentai Matsuri. Menu ini terdiri dari tiga varian baru, yakni Ebi Agedama Mentai, Takoyaki Mentai, dan Takoyaki Original. Takoyaki Mentai dan Takoyaki Original 8 bola ini melengkapi Ebi Agedama Mentai yang sudah hadir pada awal Oktober lalu.

Menu baru itu bisa dinikmati dengan kisaran harga mulai Rp38.000 sampai dengan Rp45.000 sudah termasuk pajak di seluruh gerai Hokben di Indonesia. Ebi Agedama Mentai merupakan daging udang yang digoreng utuh dengan siraman saus mentai disajikan di atas semangkuk nasi dan dengan taburan toping nori (rumput laut) dan hana katsuobushi (cakalang serut).

Takoyaki Mentai merupakan olahan daging gurita dengan siraman saus mentai disajikan dengan taburan toping nori dan hana katsuobushi. Takoyaki Original 8 bola merupakan olahan daging gurita yang disiram dengan saus teriyaki disajikan dengan taburan toping nori dan hana katsuobushi. (OL-14)

Baca Juga

Antara/Adwit B Pramono

Pembangunan Tol Manado-Bitung Seksi II Telan Anggaran Rp500 Miliar

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 02:00 WIB
"Progres fisiknya khusus seksi II telah mencapai 83 persen," sebut...
Johannes EISELE / AFP

Wall Street Dibuka Lebih Tinggi pada Perdagangan Selasa Pagi

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 00:53 WIB
Saham-saham di Bursa Efek New York, Wall Street, Amerika Serikat, dibuka lebih tinggi pada perdagangan Selasa (19/1) pagi waktu...
MI/Panca Syurkani

Citilink Layani Penerbangan Padang-Medan Empat Kali dalam Sepekan

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 Januari 2021, 23:30 WIB
Setiap hari Senin, Selasa, Kamis, dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya