Kamis 19 November 2020, 14:02 WIB

UMKM Bandeng Mentari Terus Berinovasi

Mediaindonesia.com | Ekonomi
UMKM Bandeng Mentari Terus Berinovasi

DOK SIG
.

 

UMKM Mitra Binaan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) terus melakukan inovasi guna mempertahankan usahanya di tengah kondisi pandemi covid-19. Salah satunya ialah An'im Falahuddin, pemilik usaha UD Multi Sarana Niaga yang bergerak di bidang olahan bandeng dengan merek Bandeng Mentari di Kecamatan Manyar, Gresik, Jawa Timur.

Pada awal pandemi covid-19, An'im kesulitan berjualan produk bandeng olahannya. Pendapatannya menurun hingga 60%. Kondisi tersebut tak lantas membuatnya putus asa. Ia melakukan inovasi dengan menambah varian produk baru berbahan baku ikan bandeng.

Inovasinya membuahkan hasil. Hingga saat ini An'im Falahuddin memililki 33 varian produk yang telah dipasarkan. Selain itu pemasaran juga sudah  memanfaatkan platform digital.

An'im Falahuddin mengungkapkan saat ini produk Bandeng Mentari sudah tersebar di beberapa wilayah seluruh Indonesia. "Beberapa produk olahan yang kami jual di antaranya bandeng cabut duri, otak-otak, bandeng presto, bandeng pepes, bandeng sapit, abon bandeng, nuget bandeng rolade, siomay, fillet bandeng, dan kerupuk," ujarnya.

Dalam menjalankan usahanya, An'im Falahuddin dibantu 15 karyawan yang merupakan warga sekitar. Setiap hari usahanya mampu memproduksi hingga 200 kg. Saat ini penjualan Bandeng Mentari mampu meraup omzet hingga Rp120 juta per bulan.
 
"Kami telah memiliki 13 mitra yang tersebar di kota-kota besar di Jawa, Bali, dan Kalimantan. Kini produk kami dapat ditemui di berbagai swalayan, pusat oleh-oleh, dan restoran," ujar An’im Falahuddin.

General Manager of CSR SIG Edy Saraya mengatakan, UMKM Bandeng Mentari memiliki potensi yang besar untuk terus berkembang. Bandeng merupakan makanan khas Gresik yang digemari oleh masyarakat.

Harapannya, kehadiran UMKM mampu mendorong peningkatakan ekonomi, karena dapat membuka lapangan kerja bagi warga sekitar. SIG terus mendukung upaya UMKM binaan untuk maju dan berkembang di tengah kondisi pandemi covid-19, antara lain dengan memberikan fasilitas pelatihan dan pameran guna memperkenalkan produk kepada masayarakat luas. (RO/OL-14)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Konsep Buy Now, Play Later Bakal jadi Primadona di 2021

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:55 WIB
Berdasarkan studi dari Coherent Market Insights, pasar Paylater global diperkirakan akan tumbuh dari US$5 juta pada 2019, menjadi US$...
Ist

Agar Tampilan Wajah Segar dan Bebas Kilap Minyak

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:20 WIB
Bedak tabur adalah bagian dari kosmetik populer karena setiap wanita menginginkan kulit berseri tanpa kilau minyak dalam tampilan...
AFP/Johan Ordonez

Pemilik British Airways Beli Air Europa dengan Setengah Harga

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 22:51 WIB
Pemerintah Spanyol telah memberikan Air Europa pinjaman sebesar 475 juta euro untuk membantu maskapai tersebut melalui...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya