Kamis 19 November 2020, 04:00 WIB

Tiga Pembicara RI Tampil di Pgconf.Asia 2020

RO/E-3 | Ekonomi
Tiga Pembicara RI Tampil di Pgconf.Asia 2020

ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Julyanto Sutandang (kiri), Chairman PostgreSQL Conference Asia (PGConf.Asia 2019).

 

TIGA pembicara asal Indonesia akan tampil pada PostgreSQL Conference (Pgconf) yang digelar di Beijing, Tiongkok, 17-20 November. Kegiatan itu dihadiri para pengguna, pengembang, dan berbagai komunitas PostgreSQL dari seluruh dunia.

PostgreSQL ialah sistem database open source yang sudah dikembangkan secara aktif selama lebih dari 21 tahun. Sistem ini terbukti memiliki reputasi kuat untuk keandalan dan integritas data.

Salah satu pembicara Indonesia yang tampil di forum itu ialah Julyanto Su­­tandang, CEO PT Equnix Business Solutions, yang mewakili pegiat dan ahli PostgreSQL dari Indonesia sekaligus juga sebagai Global Committee Pgconf.Asia 2020.

Julyanto akan mengisi salah satu sesi pada 19 November 2020 yang membahas pentingnya sertifikasi PostgreSQL global (PostgreSQL global certification).

“Belum ada standardisasi penyampai­an layanan dan tidak ada cara pengukuran untuk memberi tahu calon pengguna agar mempertimbangkan PostgreSQL sebagai solusi bisnis,” kata Julyanto.

Karenanya, kata Julyanto, diperlukan setidaknya alat untuk mengukur secara objektif kemampuan tersebut, yakni ser­tifikasi. Tak hanya penting bagi individu, menurutnya, sertifikasi juga dibutuhkan sebuah korporasi ataupun institusi.

“Dengan adanya sertifikasi standardisasi kita dapat menghilangkan suatu masalah dan akan maju ke solusi lain di masa mendatang. Sertifikasi adalah komponen penting dalam membangun ekosistem bisnis PostgreSQL. Dengan ekosistem bisnis yang hebat, PostgreSQL bisa melakukan penetrasi lebih dalam,” ujarnya.

Tak hanya itu, ada sejumlah sesi Pgconf.Asia 2020 lainnya yang sangat menarik dan relevan untuk komunitas PostgreSQL di Indonesia yang sangat penting untuk dihadiri.

Untuk pertama kalinya, Pgconf.Asia 2020 di Beijing merupakan ga­bungan berbagai acara yang berlangsung online dan offline, yang menjadikannya sebagai salah satu konferensi PostgreSQL terbesar yang pernah digelar di Asia. Tahun lalu, Indonesia jadi tuan rumah Pgconf.Asia 2019 yang berlangsung di Bali.

Forum ini akan menjadi pusat pengembangan dan diskusi teknis di antara pengguna dan pengembang PostgreSQL serta ahli dari seluruh dunia. (RO/E-3)

Baca Juga

Dok.Setwapres

Koreksi dari Jubir, Tidak Benar Wapres Minta Menunda Rencana Merger BTN Syariah

👤Emir Chaerullah 🕔Rabu 25 Mei 2022, 13:25 WIB
Informasi tersebut, setelah ditelisik, bersumber dari rilis yang diproduksi Humas DPP...
ANTARA/YUSUF NUGROHO

RedDoorz Panen Okupansi Tertinggi Selama Mudik Balik Lebaran 2022

👤Indrastuti 🕔Rabu 25 Mei 2022, 12:58 WIB
Peningkatan okupansi juga memperlihatkan tren pemulihan sektor industri pariwisata yang terus...
ANTARA FOTO/Fauzan

Pelonggaran Pariwisata Dorong Peningkatan Pemesanan Tiket Perjalanan

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 25 Mei 2022, 12:37 WIB
Pemesanan tiket kereta api melalui Trabveloka melonjak 56%, bus dan shuttle 51%, dan pesawat (39%) dibandingkan dengan periode yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya