Minggu 15 November 2020, 01:25 WIB

Efisiensi Layanan Pelabuhan, Pelindo 1 Gandeng IPCC dan JPPI

Yoseph Pencawan | Ekonomi
Efisiensi Layanan Pelabuhan, Pelindo 1 Gandeng IPCC dan JPPI

MI/Rudi Kurniawansyah
.

 

PT Pelabuhan Indonesia atau Pelindo 1 memiliki dua perusahaan mitra baru yang diyakini akan mendukungnya memberikan layanan kepelabuhanan lebih efisien. Kedua perusahaan itu ialah PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC) dan PT Jasa Peralatan Pelabuhan Indonesia (JPPI).

Pelindo 1 menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan kedua anak usaha Pelindo 2 tersebut. "MoU sudah kami tanda tangani dua hari yang lalu di Jakarta," ujar Direktur Utama Pelindo 1 Dani Rusli Utama dalam keterangan resmi yang diterima Sabtu (14/11).

Dani menjelaskan, nota kesepahaman itu ditandatangani Direktur Operasional dan Komersial Pelindo 1 Ridwan Sani Siregar, Plh Direktur Utama IPCC Arif Isnawan, Direktur Utama JPPI Bunyamin Syukur. Ini terkait dengan dua pekerjaan, yakni pengelolaan kendaraan terminal serta pengoperasian peralatan pelabuhan di wilayah operasi Pelindo 1 yang meliputi Aceh, Sumatra Utara, Riau, dan Kepulauan Riau.

Dani Rusli mengungkapkan, alasan pemilihan kedua perusahaan itu sebagai mitra karena dinilai memiliki kapasitas dan kompetensi yang baik. Kemitraan dengan keduanya diharapkan mampu menggali potensi serta membuka peluang besar dari bisnis yang dijalankan Pelindo 1.

Sinergi itu, lanjut Dani, juga selaras dengan tiga hal yang dijalankan Pelindo 1, yaitu peningkatan pendapatan, efektivitas biaya, dan operasional yang unggul. Model bisnis saat ini sudah tidak bisa dilakukan sendiri lagi sehingga harus saling berkolaborasi dengan yang lain sehingga mampu memberikan layanan yang lebih cepat, murah, dan efisien," ujarnya.

Ruang lingkup kerja sama yang disepakati dengan IPCC sesuai dengan bidang pelayanannya, yaitu jasa kepelabuhanan dan  jasa terkait dengan kepelabuhanan serta sebagai penyedia fasilitas terminal kendaraan (car terminal). Pelindo 1 sepakat IPCC melakukan pengelolaan kendaraan terminal di pelabuhan-pelabuhan Pelindo 1.

Begitu juga dengan JPPI yang bergerak di bidang penunjang kegiatan angkutan dan perjalanan. Kerja sama yang dijalin meliputi penunjang dan pelengkap kegiatan angkutan dan jasa perjalanan serta pelayanan bongkar muat barang, kecuali pergudangan.

Ruang lingkup dari kedua kerja sama meliputi kegiatan pengoperasian, pemeliharaan, penyediaan peralatan bongkar muat, jasa konsultasi, serta penyediaan suku cadang peralatan pelabuhan di Pelindo 1. "Kami melihat peluang yang cukup besar di pelabuhan-pelabuhan yang dikelola Pelindo 1, baik untuk pasar domestik maupun internasional," kata Dani Rusli.

Pihaknya pun akan menjajaki peluang-peluang lebih lanjut ke depan sehingga bisa tumbuh bersama dengan memberikan layanan yang efisien bagi para pengguna jasa. Pelindo 1 merupakan salah satu BUMN yang  mengelola jasa kepelabuhanan di Indonesia bagian barat. (OL-14)

Baca Juga

AFP/Patrick Lux

Hannover Messe Bantu Wujudkan Mimpi Indonesia Emas di 2045

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 13 April 2021, 08:35 WIB
Indonesia merupakan satu-satunya negara ASEAN yang menjadi Partner Country di ajang pameran teknologi industri  Hannover Messe...
MI/Dok PT Mentari Mulia Berjangka

Kini Hadir CFD Single Stock Dengan Pilihan Investasi Terbanyak

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 13 April 2021, 08:35 WIB
PT Mentari Mulia Berjangka  berhasil meluncurkan produk CFD Single Stock dengan pilihan terbanyak di Indonesia. Sehingga warga...
Antara/Fikri Yusuf

Mudik Dilarang, Prokes Ketat di Tempat Wisata Lokal Disiapkan

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 12 April 2021, 23:04 WIB
"Destinasi lokal akan mendapat limpahan kunjungan. Dengan prokes ketat dan disiplin mereka akan mempertimbangkan destinasi wisata...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya