Rabu 28 Oktober 2020, 13:21 WIB

Petani Sawit Kecil Perlu Pembinaan

M. Iqbal Al Machmudi | Ekonomi
Petani Sawit Kecil Perlu Pembinaan

Antara
Petani memetik tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Desa Pasi Kumbang, Kecamatan Kaway XVI, Aceh Barat, Aceh, Kamis (11/6/2020).

 

SEBANYAK 40% produksi minyak sawit Indonesia berasal dari para petani kecil, yang melakukan pekerjaan mereka secara mandiri. Oleh karena itu, para petani sawit kecil tersebut perlu pembinaan dan kesempatan yang sama seperti perusahaan sawit yang besar.

"Petani kecil tersebut tidak memiliki skala ekonomi, tetapi paham sumber daya untuk mendapatkan hasil yang optimal dari keterbatasan yang mereka tanam. Selain itu, mereka juga tidak memiliki akses yang sama ke pasar yang dimiliki oleh pemain besar," kata President of Apical Group Dato Yeo How saat webinar bertajuk Empowering oil palm farmers in creating better livelihoods with RSPO, Rabu (28/10).

Dato Yeo mengatakan petani sawit kecil tersebut perlu diberdayakan dan diberikan pemahaman yang mendalam terkait agronomi yang lebih baik. Sehingga, bisa meningkatkan mata pencaharian mereka dan di saat yang bersamaan melestarikan lingkungan.

Menyadai hal itu, perusahaan produsen minyak sawit Asian Agri bisa membantu petani swadaya lokal untuk bekerja sama. Asian Agri berkomitmen untuk memberikan perlindungan lingkungan dan dukungan masyarakat lokal.

"Di bawah pengawasan Asian Agri petani kecil bisa mendapatkan pendapatan yang lebih tinggi dan memiliki harga dari produksi minyak secara berkelanjutan," ujar Dato Yeo.

Oleh karena itu, kata Dato Yeo, Asian Agri sangat cocok untuk mendukung produksi minyak dan minyak kelapa secara berkelanjutan dari para petani kecil di Tanah Air.(E-3)

Baca Juga

Ist/Kementan

Pacu Ketahanan Pangan, Kementan Perkuat Lumbung Pangan Masyarakat

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 11:59 WIB
Kementerian Pertanian (Kementan) kian memperkuat peran lumbung pangan masyarakat desa yang dinilai saat ini menjadi sangat...
Ist

Presdir OVO dan Pendiri Bareksa Terima Penghargaan dari OJK

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 11:30 WIB
OJK memberikan penghargaan kepada Presiden Direktur OVO dan Co-founder/CEO Bareksa, Karaniya Dharmasaputra sebagai Tokoh Penggerak...
Ist

Kelola Aset, Taspen Percayakan pada Kustodian BNI

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 11:18 WIB
Sebelumnya, BNI dan Taspen telah bekerja sama dalam hal pembayaran uang pensiun yang masih berjalan dengan baik sampai dengan saat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya